FAKTOR PENTING DARI PEMULA MENJADI TRADER PROFESIONAL

Written by Hana Florencia, January 19, 2022

Ada banyak trader pemula yang ingin menjadi seorang professional trader namun masih di kondisi yang monoton, sehingga sulit untuk berkembang dan menjadi seorang trader professional. Apa yang membuat trader pemula banyak yang sulit meraih kesuksesan dalam trading? Terkadang trader pemula memiliki rasa antusias yang tinggi saat pertama mencoba, namun setelah mengalami kegagalan, kebanyakan mengalami mental down dan patah semangat. Perasaan ini yang membawa seorang trader pemula pada akhirnya berhenti belajar dan tidak bisa menjadi seorang professional trader.

Kualitas seorang trader professional tidak luput dari mental yang kuat ketika diterpa badai dalam proses tradingnya. Trader professional bukan tidak pernah mengalami kegagalan dalam tradingnya. Namun mereka belajar lebih giat dari kegagalan yang dialami. Apa saja yang seorang trader butuhkan untuk menjadi seorang professional?

1. Trader harus mempunyai pengetahuan mengenai Pasar yang ditargetkan

Pengetahuan mengenai Pasar sangat penting , mulai dari bagaimana pasar bekerja dan apa saja aspek yang harus diketahui. Trader dapat belajar dari banyak sumber yang memberikan edukasi dan informasi mengenai pasar yang hendak di targetkan. Sehingga ketika trader tahu bagaimana pasar bekerja , maka bila terjadi masalah tentu trader akan lebih bisa mengatasinya.

2. Trader selalu cari tahu kabar penting yang terjadi di Pasar

Trader yang professional selalu mencari tahu apa kabar penting yang terjadi sehingga informasi-informasi yang didapat bisa membantu trader dalam mengambil keputusan tradingnya. Trader dapat memperhitungkan saat yang tepat untuk trading di saat ada kabar-kabar penting yang terjadi.

3. Trader professional sudah tahu apa yang mau di tradingkan

Seorang trader professional sudah mempunyai planning apa yang akan di tradingkan dan sudah mengenal karakter dari pair yang mau di tradingkan. Manakah pair yang memiliki tingkat volatilitas tinggi dan pair apa yang sesuai dengan tingkat risiko trader tersebut.

4. Punyai manajemen risiko yang diperhitungkan dengan baik

Pergerakan pasar yang tidak menentu, tentunya memiliki risiko yang cukup besar pula. Seorang trader professional pasti mempunyai strategi manajemen risiko untuk menghadapi gejolak dalam pergerakan harga di pasar. Dengan mengatur lot yang akan digunakan, tahu kapan harus entry dan exit, dan bisa menentukan risk to reward yang sesuai dengan risiko yang bisa diterima.

 

 

5. Trader tahu bagaimana cara membaca grafik harga

Trader professional sudah mengerti bagaimana membaca price action, mengenali tren dan membaca pola-pola candlestick yang terjadi dalam grafik pergerakan harga. Dan selalu haus menambah ilmu untuk meningkatkan tingkat akurasi dari analisa yang dipelajari.

6. Trader professional bisa mengatur emosi dalam tradingnya

Kebanyakan seorang pemula fokusnya hanya mengejar keuntungan tapi meremehkan penggunaan emosi dalam trading. Hal seperti ini bisa memicu seorang trader untuk trading berlebihan dan pada akhirnya berujung pada kerugian yang besar. Membuat trading plan dan disiplin mengikuti rencana yang dibuat menjadi faktor penting dalam mengatur emosi.

 

 

Trader pemula punya kesempatan yang sama untuk menjadi trader professional bila mempunyai mindset dan kualitas sebagai seorang trader professional. Anda perlu tahu bahwa dalam trading pasti akan terjadi yang namanya keuntungan dan kerugian. Jangan pantang menyerah bila menghadapi kegagalan, terus mencoba dan belajar disiplin dengan trading plan yang sudah dibuat akan menjadi faktor pendukung dalam mencapai kesuksesan trading Anda.
 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami