FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM NAIK

Written by Hanna Dalimunthe, August 31, 2022

Harga saham merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh seorang investor sebelum membeli saham. Harga saham yang berfluktuatif mewajibkan seorang investor mengetahuifaktor-faktor yang mempengaruhi perubahannya. Kita akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan harga saham, baik itu dari faktor internal perusahaan ataupun eksternal. Faktor internal antara lain: kinerja perusahaan yang tercermin dalam laporan keuangan dan rasio-rasio keuangan. Faktor eksternal antara lain kebijakan pemerintah, asimetri informasi kurs, dan pajak. Selain itu ada juga faktor lain seperti anomali cuaca, isu-isu perusahaan seputar penggabungan usaha, akuisisi, peleburan usaha, pemecahan saham, pembagian dividen saham, dan tata kelola perusahaan (dikutip dari jurnal.unej.ac.id)



Secara umum, terdapat beberapa faktor utama yang mempengaruhi harga saham sebuah perusahaan. Pada kenyataannya, faktor-faktor di bawah ini bisa saling berkorelasi dan berhubungan

1.  Kinerja Perusahaan
Harga saham sebuah perusahaan tentu saja dipengaruhi tentang kinerja keuangan perusahaan. Perusahaan yang tingkat labanya tumbuh dengan kecepatan yang tak terduga akan melihat harga sahamnya meroket. Sebuah perusahaan akan merilis laporan keuangan mereka setiap kuartalnya. Sebelum laporan itu dirilis, para analis (dan investor) akan memperkirakan laba perusahaan tersebut dan pasar akan mulai bergerak untuk menyesuaikan harga terhadap pandangan mereka. Nah, setelah laporan keuangan keluar dan menunjukkan bahwa laba perusahaan melebihi perkiraan, maka harga sahamnya akan melonjak. Begitu pun sebaliknya, harga saham akan jatuh jika gagal memenuhi harapan tersebut.

2. Ekonomi
Nilai sebuah saham juga tergantung oleh naik-turun suku bunga acuan. Suku bunga acuan yang rendah akan menarik lebih banyak investor yang bersedia membeli saham-saham tersebut. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa indeks saham di dunia sekarang ini terus mencetak rekor, karena mereka mekar saat tingkat suku bunga sekarang berada di titik terendah dalam 60 tahun terakhir.

3. Permintaan dan Penawaran
Seperti barang dan jasa kebanyakan, nilai saham juga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran. Nilai sebuah perusahaan di jangka panjang memang akan sesuai dengan laba yang diperolehnya. Namun, di jangka pendek, terdapat alasan lain mengapa beberapa pelaku pasar berniat membeli atau menjual saham di luar prospek kerjanya ini. 

Contohnya pada saat harga saham produsen mobil listrik Tesla meroket menjadi salah satu dari 10 perusahaan top di AS. Akibatnya pengaruh saham Tesla dalam indeks saham lebih besar dan para Manajer Investasi yang mengelola reksadana indeks harus mengubah proporsi portofolio mereka untuk menyesuaikan dengan proporsi indeks. Harga pun makin meningkat karena permintaan “susulan” dari Manajer Investasi ini. (dikutip dalam blog mempengaruhi harga saham) 

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :
Jadi, jika mau mengetahui pengaruh dari harga saham akan melemah atau menguat dari faktor tersebut merupakan salah satu yang dapat berdampak pada nilai suatu market
Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Hanna untuk mengenal Investasi lebih detail.
CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami