FUNGSI PASAR MODAL UNTUK NEGARA

Written by Ardian Noviarsi, June 01, 2022

Adanya pasar modal dalam sebuah negara memberikan dampak yang cukup signifikan. Sebab dalam ekonomi modern, pasar modal telah menjadi pusat finansial. Perekonomian modern tidak mungkin berjalan tanpa adanya pasar modal yang berdaya saing global. Pasar modal sendiri memiliki dua fungsi penting, yaitu fungsi perekonomian dan fungsi keuangan. Dari segi fungsi perekonomian, pasar modal menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua kepentingan. Dua pihak tersebut adalah pihak yang kelebihan dana (investor) dan pihak yang memerlukan dana (emiten). Dari segi keuangan, pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh keuntungan bagi pemilik dana. Sesuai dengan jenis investasi yang dipilih.

Menurut UU No. 8 Tahun 1995, pasar modal diartikan sebagai kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek yang melibatkan perusahaan publik serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Efek dalam hal ini berupa surat-surat berharga seperti saham dan obligasi. Sementara dalam buku Pasar Modal dan Pengembangan Dunia Usaha (1997) karya Marzuki Usman, pasar modal didefinisikan sebagai perdagangan instrumen keuangan jangka panjang.

Beberapa Manfaat Pasar Modal Bagi Negara:

  • Pasar Modal adalah Salah Satu Sumber Pendapatan Negara yang Penting
    Dari mana negara mendapatkan penghasilan dari adanya pasar modal? Tentu saja dari pajak. Dengan adanya berbagai macam transaksi di pasar modal maka negara bisa menarik pajak dari pihak yang melakukan transaksi. Pajak tersebut kemudian akan masuk ke dalam kas negara yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.
     
  • Pasar Modal Membantu Negara dalam Menjalankan Roda Perekonomian
    Laju perputaran uang yang terjadi dalam transaksi jual beli instrumen investasi sangat mempengaruhi roda perekonomian suatu negara. Efek yang langsung dirasakan adalah semakin terbukanya peluang perusahaan untuk tumbuh bersama investor yang membeli instrumen investasi tersebut.
     
  • Negara bisa Memantau Transaksi Modal
    Dari banyaknya aktivitas di lantai bursa maka kemungkinan besar juga terjadi transaksi gelap. Oleh karena itu pemerintah memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga stabilitas pasar modal. Pemerintah bisa mengawasi transaksi di pasar modal melalui Badan Pengawas Pasar Modal untuk memantau perkembangan aktivitas di lantai bursa.
     
  • Memantau Perusahaan yang Berlaku Sebagai Emiten
    Dengan banyaknya emiten (perusahaan) yang ikut dalam pasar modal pemerintah juga memiliki kesempatan untuk memantau perusahaan tersebut. Pemerintah akan bisa membuat kategori mana perusahaan yang sedang berkembang, ataupun perusahaan yang akan bangkrut.
     
  • Menarik Investor Asing agar Ikut Menanamkan Modalnya di Dalam Negeri
    Dengan adanya keterbukaan informasi perusahaan sebagai emiten, maka pemerintah juga dapat mengambil kesempatan tersebut untuk menarik investor asing. Dengan adanya persaingan yang sehat dan perusahaan yang memiliki daya saing tinggi, maka investor asing akan berduyun-duyun menginvestasikan dana mereka.
     
  • Memantau Kinerja dan Aktivitas Pihak Asing yang Berkontribusi di Dalam Pasar Modal
    Mengingat pasar modal sifatnya adalah terbuka dan berskala internasional, maka pemerintah dapat mengetahui dengan mudah seluk beluk perusahaan yang terdaftar di pasar modal.
     
  • Tempat bagi Negara untuk Menjual Surat Berharga kepada Investor
    Di pasar modal negara juga bisa melepas obligasi yang bisa dibeli oleh investor. Ini sangat berguna jika negara sedang membutuhkan dana segar.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari ARDIAN silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami