HAL-HAL YANG HARUS ANDA LAKUKAN KETIKA ADA BERITA “PANAS” TENTANG MARKET

Written by Indri Dwi Sapitri, October 21, 2021

Berita yang “hot” dan krusial yang ada di dunia tentunya tinggi bisa membuat trader stress, baik itu trader di stock market ataupun futures market. Mungkin, Anda tidak sedang mengharapkan hal tersebut, atau mungkin sama sekali tidak berniat trading berdasarkan berita itu, tetapi yang perlu Anda ketahui, Anda akan terkena dampaknya juga. Ini bisa terjadi karena setiap data fundamental (selanjutnya akan saya sebut seperti itu) yang sifatnya penting bagi suatu negara hampir pasti akan berdampak tinggi pada mata uang negara yang bersangkutan, oleh karena itu hendaknya selalu siap dengan rajin memonitor jadwal rilis data fundamental setiap hari. Keadaan yang tak terduga bisa saja terjadi. Mungkin Anda sudah punya posisi trading yang bagus sesuai dengan signal yang memiliki probabilitas tinggi yang Anda peroleh, tetapi karena Anda tidak aware dengan jadwal rilisnya data fundamental yang penting tersebut, posisi Anda menjadi sangat rentan.

On the other hand, mungkin Anda tergoda untuk memasuki zona panas tersebut karena yakin signal trading yang Anda peroleh sudah sesuai dengan metode dan strategi Anda, tetapi Anda khawatir volatilitas pergerakan harga yang tinggi pada saat rilisnya data akan membuat berantakan management resiko yang harus dan akan Anda terapkan. Karena pada dasarnya, rilis data fundamental yang penting ini hampir terjadi setiap hari, berikut ini saya merangkum 3 langkah untuk mengatasi stress ketika Anda trading berdekatan dengan waktu rilis data fundamental penting:

Diversivikasi Berita dan Siapkan Strategi Khusus



Hal pertama yang harus Anda lakukan tentunya adalah memilah mana data fundamental yang penting dan mana yang tidak bagi pair atau emiten yang Anda ingin “mainkan”. Data fundamental yang relatif kurang penting biasanya kurang berdampak atau bahkan tidak ada dampaknya. Anda belum ada posisi menjelang rilis data fundamental berdampak tinggi, sebaiknya Anda tidak masuk pasar. Memilih untuk tidak entry juga adalah merupakan sebuah strategi.

Jika Anda sedang mempunyai posisi yang masih terbuka, Anda memiliki 2 pilihan: tidak melakukan apa-apa dan membiarkan apa yang akan terjadi sesuai dengan trading plan Anda, atau entry pada saat rilis data dengan stop loss yang “saklek”. Jika posisi yang terbuka dalam keadaan profit, maka stop loss dibuat lebih kecil dari profit yang telah diperoleh. Bagi Anda yang belum punya posisi dan ingin entry, sebaiknya menunggu antara 15 hingga 30 menit setelah rilis data meskipun sudah memperoleh signal trading yang bagus. Anda bisa menyesuaikan kriteria entry dengan kondisi pergerakan harga yang baru. Hal ini tentu tidak berlaku bagi mereka yang memang trading berdasarkan rilis data fundamental, karena mereka memang telah memiliki strategi sendiri dengan analisa fundamental.
 

Memperkecil Position Size
Jika ingin entry ketika ada rilis data fundamental penting, Anda bisa memperkecil leverage untuk memperbesar level stop-out, atau memperkecil position size (ukuran trading) karena Anda tidak akan pernah tahu arah pergerakan harga dengan volatilitas tinggi tersebut. Secara sederhana, kita bisa mengatakan bahwa position sizing adalah mengenai mengatur volume transaksi yang tepat dalam membuka posisi buy atau sell sesuai dengan batasan resiko dalam trading plan. Pengetahuan mengenai position sizing merupakan bagian dari managemen modal, yang adalah salah satu hal paling penting yang harus dimiliki oleh seorang trader.
 

Konsisten dengan Trading Plan Anda



Apapun strategi yang telah Anda tentukan ketika ada data fundamental penting yang rilis harus Anda jalankan dengan benar, jangan pernah menyimpang atau melakukan intervensi apapun. Menyimpang dari strategi ketika volatilitas pergerakan harga sedang tinggi bisa malah berakhir dengan stress dan kerugian yang besar. Berganti metode atau strategi trading sebelum Anda mengetahui benar kelebihan dan kekurangannya akan sangat mempengaruhi hasil akhir trading Anda. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mencobanya dalam account demo terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar secara konsisten menerapkannya dalam account riil pada saat adanya data fundamental penting yang rilis.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari INDRI silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami