HAL YANG DIPASTIKAN HARUS KAMU TAU TENTANG SEKURITAS

Written by Ardian Noviarsi, March 13, 2021

Perusahaan Sekuritas adalah “Sekuritas atau Anggota Bursa Efek adalah Perantara Pedagang Efek yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam dan mempunyai hak untuk mempergunakan sistem dan atau sarana Bursa Efek sesuai dengan peraturan Bursa Efek.”

Definisi diatas berdasarkan UU Pasar Modal tahun 1992 dan Bapepam sekarang sudah berubah menjadi OJK. Definisi tersebut menekankan beberapa hal penting, yaitu:

  • Sekuritas adalah perantara pedagang efek, salah satu jenis efek adalah saham.
  • Sekuritas wajib punya izin usaha dari otoritas, OJK (Bapepam). Tidak bisa sembarang lembaga menjadi sekuritas untuk bisa bertransaksi di Bursa Efek
  • Sekuritas wajib menjadi anggota Bursa Efek agar bisa melakukan perdagangan saham dengan menggunakan sistem dan sarana di bursa.
  • Saat ini, 109 sekuritas yang menjadi anggota bursa dan merupakan juga pemilik Bursa Efek Indonesia.

Majalah Investor sering membuat penghargaan perusahaan sekuritas terbaik.

Dalam suatu perusahaan sekuritas, terdapat broker atau pialang yang akan melakukan kegiatan jual beli saham antar pihak klien dan pembeli saham. Disana. Pihak broker hanya akan menjadi perantara dalam transaksi, dan tidak memiliki tugas dalam membeli serta menjual saham investor secara langsung. Tugas lain dari broker adalah memberikan rekomendasi pada kliennya tentang kapan mereka harus membeli atau menjual saham, atau merekomendasikan saham apa saja yang menarik untuk dibeli.

Broker akan memberikan rekomendasi pada kliennya berdasarkan analisa kegiatan pasar, reputasi perusahaan pemilik saham, analisa finansial, serta analisa pasar. Jadi, mereka tidak akan memberikan rekomendasi berdasarkan asumsi saja. Nantinya, hasil dari analisa tersebut bisa dijadikan dasar rekomendasi yang diberikan kepada pihak klien dengan disertai informasi lain terkait saham di BEI atau di pasar.

Beberapa perusahaan sekuritas juga ada yang mempunyai riset analis ala kadarnya, tapi mereka akan memanfaatkan hasil riset dari beberapa sumber terpercaya dan merangkumnya menjadi rekomendasi yang baik untuk kliennya. Hasil rekomendasi yang diberikan oleh suatu perusahaan sekuritas akan mempengaruhi reputasi dari perusahaan sekuritas itu sendiri. Bila rekomendasi tersebut mampu mendatangkan keuntungan yang stabil, pihak kluen tentu akan lebih percaya dan nilai jual dari perusahaan sekuritas tersebut juga otomatis akan meningkat.

Tips Memilih Sekuritas

  • Terdaftar di OJK
    Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih perusahaan sekuritas adalah memastikan perusahaan sekuritas tersebut sudah terdaftar di OJK dan BEI. Dengan begitu, seluruh kegiatan transaksi yang Anda lakukan sudah terjamin aman karena sudah diawasi oleh lembaga keuangan resmi.
     
  • Kemudahan transaksi
    Dewasa ini, bisa dibilang hampir seluruh perusahaan menerapkan sistem jual belinya secara online. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan hal tersebut dalam memilih perusahaan sekuritas. Jadi, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu terkait proses transaksi yang harus Anda lakukan di perusahaan sekuritas tersebut.
     
  • Riset yang diberikan
    Pada umumnya, perusahaan sekuritas akan memberikan berbagai analisa yang berhubungan dengan kondisi pasar pada saat itu secara rutin. Untuk itu, Anda bisa menjadikan berbagai riset perusahaan sekuritas tersebut sebagai bahan pertimbangan. Jika Anda merasa analisa yang mereka lakukan sudah cukup mendalam dan sesuai dengan keperluan Anda, maka Anda bisa mempertimbangkan perusahaan sekuritas tersebut.
     
  • Fee
    Tips lain yang harus Anda perhatikan sebelum memilih perusahaan sekuritas adalah fee yang mereka terapkan. Fee transaksi adalah pendapatan yang diperoleh pada setiap perusahaan sekuritas. Mereka memiliki ketentuan nilai fee yang berbeda-beda.
     
  • Customer Service
    Pelayanan customer service yang diberikan oleh suatu perusahaan sekuritas juga harus Anda pertimbangkan. Kenapa? Karena dalam menjalankan investasi bersama perusahaan tersebut bisa saja Anda mendapatkan beberapa kendala atau masalah. Untuk itu, Anda harus memastikan layanan customer service yang mereka berikan cukup baik.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari ARDIAN silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami