HATI-HATI TERHADAP BEBERAPA MODUS KEJAHATAN DI PASAR MODAL. BERIKUT INI PENJELASANNYA

Written by Hana Florencia, January 10, 2023

Kemajuan teknologi patut disyukuri karena memberikan kemudahan sewaktu bertransaksi. Mulai dari berbelanja, membayar tagihan, hingga melakukan jual beli saham di bursa. Transaksi tersebut sebaiknya diselesaikan secara aman, tapi kejahatan dalam bertransaksi saham tidak dapat dielakkan begitu saja. Berikut ini beberapa modus kejahatan yang perlu diketahui agar kedepannya kita semakin berhati-hati.  

Berikut ini beberapa modus kejahatan yang perlu diketahui agar kedepannya kita semakin berhati-hati ketika bertransaksi saham secara online dengan gadget kita:  

  • Pemalsuan Identitas 

    Sudah bukan rahasia lagi kalau saat ini banyak orang yang berinisiatif membuat grup tertentu untuk berbagi ilmu investasi. Sebagai masyarakat awam, kita perlu mencari tahu nama admin di grup tersebut sebelum bergabung. Ada beberapa orang dengan sengaja memalsukan identitasnya untuk mencari followers. Ketika followers sudah banyak, barulah aksi untuk menipu dilakukan.
     
  • Modus Phising

    Modus kejahatan yang paling populer untuk mendapatkan informasi data pribadi seseorang. Penipu dengan sengaja memberikan bonus, hadiah, atau reward tertentu dengan jumlah cukup menggiurkan untuk memancing ketertarikan kita. Jika ujung-ujungnya meminta informasi data pribadi, fix kalau itu penipuan. Sebaiknya hentikan percakapan sebelum informasi kita disadap oleh penipu.
     
  • Melibatkan Orang Terdekat

    Ada juga modus kejahatan yang melibatkan orang-orang terdekat kita, seperti keluarga atau sahabat. Penipu dengan sengaja membangun komunikasi dengan kita, biasanya melalui email yang mengatasnamakan orang dikenal sampai kita merasa nyaman dengannya. Dari sinilah penipu akan menggiring kita untuk transaksI.
     
  • Mengirimkan Dana secara Gratis

    “Selamat! Nasabah mendapatkan dana sebesar ratusan juta, silahkan klik disini agar dana bisa segera ditransfer”. Kita biasanya disuruh untuk mengisi formulir data pribadi sekaligus memberikan informasi tentang rekening bank guna memudahkan proses transfer. 
     
  • Hacking

    Modus kejahatan yang wajib diwaspadai adalah hacking atau peretasan akun pribadi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Peretasan dimaksudkan untuk mengubah seluruh informasi, jadi kita tidak bisa mengakses akun trading tersebut. Hacker biasanya akan mencari kelemahan dari suatu sistem aplikasi, lalu membobolnya. Sebagian hacker melakukannya untuk bersenang-senang, dan sisanya untuk melakukan aksi kejahatan. 
     
  • Jasa Pihak Ketiga

    Ada juga yang menawarkan diri sebagai pihak ketiga untuk membantu kita memperoleh keuntungan dalam transaksi saham. Orang tersebut biasanya mengaku sebagai manajer investasi, jadi kita tak pikir panjang untuk memberikan akun investasi untuk dikelola olehnya. Tawaran jasa biasanya dikirimkan melalui SMS, email, atau link. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kita harus membalas pesan yang dikirimkan olehnya.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami