INDIKATOR NEW MOON TRADING DAN 3 MANFAATNYA

Written by Caroline, CWM, April 26, 2023

Dunia trading dilingkupi oleh berbagai teori serta berbagai indikator tapi tidak semua teori tersebut didasarkan pada logika dan statistik. Contohnya adalah new moon trading yang didasarkan pada energi kosmos, psikologi, dan kebetulan.

Ada istilah moon phase trading dalam dunia trading. Istilah ini menunjukkan bahwa indikator trading didasarkan pada pergerakan bulan. Dalam teori ini, disebutkan bahwa fase bulan akan sangat mempengaruhi perubahan harga aset.

Moon Phase dalam Trading

New moon merupakan salah satu fase dalam dunia trading yang dipengaruhi oleh pergerakan bulan. Teori moon phase trading ini menyebutkan bahwa ketika bulan purnama atau full moon muncul, maka harga akan cenderung mengalami kenaikan.

Tapi kenaikan harga tersebut cenderung akan berakhir ketika bulan baru atau new moon. Dan setelah periode pembentukan full moon dan new moon, harga aset akan cenderung mengalami penurunan. Itulah sebabnya indikator trading ini disebut juga dengan istilah lunar cycle.

Berdasarkan suatu penelitian yang dilaksanakan terhadap trading berdasarkan pergerakan bulan ini, trading yang dilakukan antara bulan purnama hingga bulan baru bisa memberikan keuntungan mencapai 10,9%. Trading yang dilakukan di periode sebaliknya memberi keuntungan hingga 3,6%.

Manfaat Menggunakan Indikator New Moon Trading

Ada banyak sekali manfaat yang bisa ditemukan dengan menggunakan indikator moon phase saat melakukan trading. Beberapa contoh manfaat yang bisa dirasakan oleh setiap trader yang memanfaatkan moon phase antara lain:

1.Memprediksi pergerakan harga pasar

Tingkat akurasi indikator moon phase memang masih diragukan. Tapi indikator ini bisa membantu para trader dalam melakukan prediksi pergerakan harga pasar. Alasannya adalah karena para trader bisa memahami indikator ini dengan lebih mudah dan indikator ini juga sudah digunakan oleh banyak trader.

2.Membantu para swing trader

Individu yang menjual asetnya selama beberapa minggu atau beberapa hari sekali dikenal sebagai swing trader. Pergerakan bulan yang mengalami perubahan sekali setiap dua minggu akan membantu para swing trader dalam menentukan jadwal new moon trading untuk memanen keuntungan.

3.Membantu para short trader

Selain swing trader, ada juga short trader yaitu para trader yang melakukan perdagangan aset yang diperoleh dengan cara meminjam dari broker saat harganya turun. Para short trader tersebut bisa melakukan open position di antara tanggal 1 hingga 15 setiap bulannya.

Moon Phase Trading dan Kelemahannya

Meskipun ada berbagai manfaat yang dibawa oleh moon phase trading, ada juga beberapa kelemahan yang dibawa oleh teori trading yang satu ini. Beberapa kelemahannya bisa ditemukan di bawah ini.

1.Terbentuk karena kebetulan

Indikator moon phase terbentuk karena kebetulan dan bukan karena adanya interaksi antara supply dan demand. Hal ini berarti new moon crypto trader tidak bisa menentukan perubahan harga yang bisa terjadi karena adanya oversold dan overbought.

2.Kurang akurat

Biasanya, bulan purnama akan terjadi selama 3 hari dan berlangsung tidak hanya di tanggal 15 dalam satu bulan. Artinya, jika trader memutuskan untuk menggunakan indikator ini, maka trader wajib menentukan waktu terbaik untuk melakukan pembelian aset pada jangka waktu 3 hari tersebut.

3.Kurang cocok untuk scalping dan day trading

Moon phase trading jauh lebih cocok bagi para swing trader daripada untuk para pelaku scalping atau day trading. Dua gaya tersebut memanfaatkan perubahan harga selama suatu jangka waktu yang lebih singkat.

Agar bisa memperoleh keuntungan yang diharapkan, trader perlu mempelajari lebih banyak tentang moon phase trading melalui paket belajar siklus moon phase dari https://astronaccishop.com/. Dengan paket belajar ini, trader bisa meningkatkan winning rate dalam new moon trading minimal 75%.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 877-8970-0064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami