Ini dia Tontonan Para Trader

Written by Indri Dwi Sapitri, November 25, 2020

Tidak bisa dipungkiri, sebagaian besar manusia, mungkin semuanya akan lebih mengerti jalan cerita pada film dari pada buku pelajaran. Jadi untuk para trader yang ingin lebih mengerti trading, alangkah baiknya apabila sudah menonton film-film ini.

 

1. The Wolf Of The Wall Street

Saya yakin Anda semua sudah menonton film ini, selain karena bintang film yang memerankannya adalah Leonardo di Caprio serta Matthew McConaughey, film ini diangkat dari kisah nyata kehidupan seorang broker saham bernama Jordan Belfort. Ia memulai karirnya sebagai seorang salesman saham kecil-kecilan. Akhirnya ia mampu mendirikan perusahaan brokernya sendiri dengan cara menipu sejumlah investor dalam jumlah miliaran dolar Amerika.

Gelap mata karena memiliki banyak uang, akhirnya ia beserta anak buahnya tenggelam dalam kehidupan hedonis seperti mengonsumsi obat-obatan terlarang, pergaulan bebas, hingga pemborosan uang. Ia tidak sadar bahwa sejumlah agen FBI sedang berusaha menyelidiki usaha kotornya dan menjatuhkan dirinya dari tampuk kekuasaan.

 

2. Inside Job (2010)

Film dokumenter ini memudahkan Anda untuk mengerti tentang krisis keuangan global dari asal-muasalnya di 2000-an hingga terjadinya di tahun 2007/08. Dituturkan oleh Matt Damon, film ini menuturkan keserakahan dan korupsi dalam sistem keuangan. Inside Job meraih Academy Award pada tahun 2010 untuk film dokumenter terbaik.

3. Wall Street: Money Never Sleeps (2010)

Film ini adalah serial kedua dari Wall Street (1987). Gordon Gekko di sorot lampu utama, film ini mengisahkan tentang seluk beluk kehidupan seorang trader muda, Jake Moore, di bawah bimbingan Gekko yang kini lebih matang, lebih tenang, namun tetap memiliki kecerdasan dan kecerdikan sebagai seorang trader yang pernah sukses bertahun-tahun yang lalu.

Jake Moore, pemuda yang penuh dengan ambisi untuk sukses di karirnya sebagai seorang trader muda menjalin hubungan dengan putri Gekko, Winnie, yang mana tidak pernah berbicara dengan ayahnya selama bertahun-tahun. Selain itu, ia baru saja kehilangan gurunya di dunia trading, Louis Zabel, karena bunuh diri akibat dipaksa menjual perusahaan yang dibangunnya dari nol, perusahaan tempat Jake bekerja saat ini, akibat dipengaruhi oleh Bretton James.

Dipenuhi amarah untuk membalaskan dendam mentornya, sembari ingin terlihat keren di mata pacarnya Winnie, sekaligus ingin mencetak banyak uang dari trading, ia pun beralih pada Gekko. Namun ia mendapat pertentangan dari Winnie yang berpendapat ayahnya belumlah berubah. Di sinilah konflik cerita dimulai.

4. Margin Call (2011)

Film ini menggambarkan secara terperinci seperti apa rasanya menelan pil pahit ini. Berdasarkan kejadian nyata, Margin Call menceritakan bagaimana perusahaan investasi raksasa dipaksa untuk mengambil keputusan yang sungguh tidak enak ini.

Cerita bermulai dari sebuah salah satu pegawai perusahaan investasi, Eric, memiliki firasat dan bukti bahwa krisis ekonomi di Amerika Serikat sudah di ambang pintu. Namun ia tak sempat menyelesaikan laporannya tersebut karena ia di-PHK akibat perusahaan investasi tersebut melakukan efisiensi. Tak tanggung-tanggung, 80% staff di perusahaan tersebut di rumahkan.

5. The Big Short

Film ini mengambil latar belakang yang sama dengan Margin Call, yakni krisis ekonomi yang terjadi di Amerika Serikat 2008. Namun, film ini mengambil sudut pandang yang berbeda, yakni sejumlah orang berusaha mencari keuntungan dari krisis ekonomi ini.

Salah satu dari pencari keuntungan tersebut adalah Michael Burry yang diperankan oleh Christian Bale. Burry adalah seorang ahli matematika yang berhasil menganalisa bahwa krisis ekonomi akan terjadi tak lama lagi. Ia pun menghubungi sejumlah bank untuk meracik sebuah strategi agar bisa mendapatkan keuntungan dari petaka ini, yakni membuat polis asuransi obligasi. Bila perhitungan Burry tepat dan krisis ekonomi terjadi, ia dan bank tersebut akan mencetak banyak sekali keuntungan.
Berikut adalah 5 film yang wajib di tonton para trader, dari film-film tersebut kami berharap Anda bisa semakin menyadari bahwa pentingnya edukasi dan  persiapan sebelum trading agar kita mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami