INILAH TIPS UNTUK ANDA SAAT SAHAM TERKOREKSI

Written by Hanna Dalimunthe, January 28, 2022

Pastinya kebanyakan investor pemula akan menjawab karana investasi saham memberikan keuntungan yang besar dan waktu perolehannya pun cepat. Namun, dibalik itu semua, investor saham harus memahami berbagai hal mengenai investasi saham dengan baik. Tanpa ilmu saham, tentunya seorang investor bisa saja langsung rugi. Selain kamu harus memilih saham yang tepat, mengetahui waktu untuk jual beli saham, penting juga untuk memahami koreksi saham. Sebab, koreksi ini juga sebagai penentu kamu mengambil keputusan investasi selanjutnya agar tidak mengalami kerugian. Bagi kamu investor pemula dan ingin tahu apa itu koreksi saham, simak ulasan lengkapnya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber mulai dari pengertian hingga tips investasinya biar berjalankan maksimal dan menguntungkan.

Pengertian Koreksi Saham
Koreksi saham adalah terjadinya penurunan 10% atau lebih pada harga sekuritas pasar finansial dari harga puncak terbaru. Koreksi ini juga bisa terjadi pada aset individual lainnya, seperti obligasi, indeks yang mengukur beberapa aset. Investor pemula tak perlu kaget, sebab terjadi koreksi pada harga saham atau aset lainnya ini adalah hal yang biasa terjadi. Meski kamu tahu adanya koreksi pada saham, akan tetapi kamu tidak akan pernah tahu kapan koreksi itu muncul. Saham atau aset lainnya bisa saja mengalami koreksi secara cepat dalam hitungan menit atau periode tertentu seperti harian, minggu, bulanan atau lebih. Umumnya koreksi terjadi antara tiga atau empat bulan.

Pengertian Volatilitas Saham, Jenis, Penyebab dan Cara Mengukurnya
Tanda Saham Akan Mengalami Koreksi Meski kamu tidak mengetahui kapan terjadinya koreksi pada saham dan aset lainnya, tapi kamu bisa mengenali berbagai tanda-tanda investasi saham akan mengalami koreksi dalam periode singkat atau justru berkepanjangan. 

 


Koreksi Saham
Ada dua hal yang bisa kamu petik saat terjadi koreksi pada saham, yaitu koreksi bisa menjadi peluang kamu untuk nyerok saham, tapi bisa juga jadi awal kerugian bagi kamu yang sudah membeli sahamnya.
Bagi kamu yang mengalami koreksi pada saham yang sudah dibeli, tak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk melindungi investasi agar tetap aman dan terhindar dari kerugian, antara lain:

1. Kenali Lebih Awal Tanda Saham Terkoreksi

Jangan tunggu nanti. Ketika kamu melihat harga saham turun, sebaiknya segera cek secara menyeluruh pada perusahaan tersebut. Hal ini untuk memastikan koreksi pada emiten tersebut terjadi karena tren pasar yang nantinya harga bisa kembali normal atau justru tanda perusahaan akan bangkrut. Kamu bisa mengeceknya, melalui laporan keuangan perusahaan hingga kinerjannya.
2. Segera Beralih ke Saham yang Lain
Jika kamu sudah mengetahui hasil perusahaan tersebut akan bangkrut, maka segera jual saham lebih awal sebelum kamu mengalami kerugian yang besar. Setelah itu, kamu bisa beralih ke emiten lain yang memiliki potensi positif lebih besar, sehingga bisa mendatangkan cuan yang maksimal. Beberapa emiten yang bisa kamu lirik, yaitu emiten yang tergabung dalam daftar LQ45, IDX30 atau saham lainnya. Sebelum memilih, pastikan juga cek kembali laporan perusahaan agar kamu bisa memilih emiten yang tepat.
3. Diversifikasi Investasi
Untuk memberi perlindungan terhadap investasi saham yang koreksi, kamu perlu melakukan diversifikasi investasi. Artinya, kamu wajib memvariasikan investasi ke beberapa bidang seperti usaha, jenis investasi lain atau aset lainnya seperti rumah, tanah dan sebagainya. Hal ini untuk mengurangi risiko kerugian.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengatahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari ARDIAN silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami