INVESTASI SAHAM HARUS PUNYA STRATEGI !!!

Written by Hanna Dalimunthe, March 08, 2022

Memiliki masa depan yang terjamin tentu menjadi keinginan semua orang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapainya, salah satunya adalah berinvestasi sejak dini. Investasi sejak dini terutama di usia muda adalah salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk menjamin masa depan yang lebih baik. Ketika memutuskan untuk berinvestasi, ada beragam jenis investasi yang bisa Anda pilih. Mulai dari investasi riil yang berbentuk fisik seperti tanah, rumah, dan emas maupun investasi non riil di sektor keuangan.

Contoh investasi non riil adalah investasi di sektor keuangan seperti di pasar modal. Manfaat pasar modal dalam berinvestasi sudah tidak diragukan lagi. Beberapa instrumen yang termasuk investasi di pasar modal antara lain saham dan reksa dana. Setiap investasi atau bisnis pasti dihadapkan dengan keuntungan dan kerugian. Keuntungan dan kerugian pun akan berbeda dari setiap instrumen investasi yang kita pilih. Investasi yang minim risiko biasanya menawarkan keuntungan yang relatif kecil,

sebaliknya investasi yang berisiko besar namun menghasilkan keuntungan yang besar. Anda yang sudah tertarik berinvestasi pada instrumen saham, wajib mempelajari keuntungan beserta risikonya. Di artikel ini, kita akan bahas tiga keuntungan berinvestasi saham yaitu mendapatkan capital gain, memperoleh deviden, dan mendapatkan saham bonus.

Capital Gain 

Capital gain adalah selisih antara harga beli dan harga jual saham. Investor akan menargetkan jual lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli. Selisih ini terjadi karena munculnya fluktuasi antara supply dan demand dari saham tersebut. Perubahan bisa dipicu oleh banyak hal, termasuk performa perusahaan tersebut dari waktu ke waktu. Pemodal yang berorientasi pada investasi jangka pendek biasanya mengambil keuntungan dari capital gain menggunakan teknik analisis chart dengan mempelajari pola historikal, biasanya dikenal dengan Analisis Teknikal. Sedangkan pemodal yang berorientasi lebih panjang bisa menyeleksi emiten mana yang memiliki potensi capital gain menarik, menggunakan analisis fundamental.

Dividen

Selain capital gain, investor juga bisa mengantongi dividen, yaitu keuntungan perusahaan yang dibagikan pada pemegang saham. Keuntungan ini dibagikan ke para pemegang saham saat RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham), biasanya dalam bentuk uang tunai Rupiah proporsional dengan jumlah kepemilikan saham. Dividen juga bisa dibagikan dalam bentuk penambahan saham kepada investor. Keduanya dilakukan ketika mayoritas para pemegang saham sepakat untuk membagikan dividen. Tidak semua perusahaan memiliki laba, sepakat membagikan dividen pada pemegang sahamnya. Anda bisa melihat list perusahaan yang membagikan dividen, salah satunya dengan memantau Index IDX High Dividend 20 pada laman resmi Bursa Efek Indonesia di sini.

Saham Bonus

Saham bonus juga merupakan salah satu hal yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi saham. Tidak semua perusahaan memberikan saham bonus, ini merupakan saham yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang saham yang diambil dari agio saham. Agio saham merupakan selisih antara harga jual terhadap harga normal saham pada saat perusahaan melakukan penawaran umum di pasar perdana. Saham bonus ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli saham.

Sudah memahami keuntungan berinvestasi saham? Pelajari juga risiko dari investasi saham di laman belajar saham. Pastikan Anda sudah memahami dengan baik sebelum mulai berinvestasi ya! Apakah kamu siap menikmati keuntungan dari berinvestasi saham?

Investasi saham adalah salah satu kegiatan penanaman modal yang menjanjikan return cukup tinggi. Beberapa keuntungan lain bagi investor yakni sebagai berikut.

  • Dapat Dijalankan Secara Fleksibel

Kemudahan yang akan Anda dapatkan melalui investasi saham adalah pengoperasiannya dapat dilakukan secara online, mulai pembelian hingga penjualan sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama.

  • Potensi Capital Gain

Manfaat investasi saham adalah potensi capital gain berupa keuntungan dari selisih antara harga jual dengan harga beli. Biasanya, makin banyak dana diinvestasikan, makin besar pula potensi capital gain yang bisa diperoleh.

  • Dividen Saham

Keuntungan selanjutnya dari investasi saham adalah investor akan memperoleh pembagian dividen, yakni laba sesuai banyaknya modal yang ditanamkan.

Itu adalah keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh dari investasi saham. Perlu diingat investasi saham memiliki resiko yang besar juga sehingga harus dilakukan secara hati-hati dan teliti dalam melakukan analisa. 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

 

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami