JANGAN GANTI STRATEGI WALAUPUN KALAH BERTUBI-TUBI

Written by Ardian Noviarsi, September 10, 2020

Seberapa sering anda merasa tidak akan kalah setelah menang 5 kali berturut-turut dalam trading?? Kemudian kalah di trading ke-6 dan rugi cukup besar dikarenakan mengambil resiko terlalu besar? Lalu, berapa sering kalian mengubah strategi trading kalian setelah 3 atau 4 kali kalah dikarenakan kita merasa bahwa strategi yang kita miliki tidak ampuh.

Hal tersebut merupakan kejadian yang sering terjadi kepada trader karena membuat asumsi yang salah, dan berujung kepada keputusan yang salah. Kita harus memahami pentingnya kekalahan secara berturut-turut dan bagaimana statistika berperan penting dalam trading. Dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa konsep penting dan tips bagaimana menghindari kerugian.

"HOT HAND FALLACY" - TRADER SEDANG DALAM MOMEN TERBAIK

Saat kita melihat seorang pemain basket dan mencetak 5 hingga 6 skor berturut-turut , kita sering kali berceletuk “On Fire” dan terlihat tidak ada yang menghentikan pemain tersebut. Para ilmuan menyebutnya sebagai “Hot Hand Fallacy” dan penelitian mengkonfirmasi kejadian yang terjadi secara berulang, ada dalam probabilitas statistik normal dan itu merupakan hal yang normal. Seperti mengikuti atau memperhatikan seseorang pasti anda dapat menemukan momentum yang sama.

Dan tentunya semakin sering mencetak skor secara berturut-turut ditentukan juga oleh faktor kemampuan individu itu sendiri, Top Player akan jauh lebih stabil dalam mencetak skor dibandingkan dengan pemain pemula.

Poin 1: Teori “law of large numbers” mengatakan menang dan kalah secra berturut-turut merupakan suatu hal yang normal. Setiap orang pasti pernah dalam momen yang baik akan tetapi pasti ada momen dimana kita akan jatuh dan merasakan pahitnya kegagalan. tetapi kita tidak boleh menyerah/menyesali keputusan yang telah kita buat melainkan kita harus yakin akan keputusan kita. Tidak bisa terus menerus melakukan perubahan akan tetapi kita harus memiliki fundamental atau dasar atas keputusan yang kita buat tersebut.

MANUSIA BURUK DALAM MATEMATIKA

Kita sebagai individu cukup buruk dalam memahami konsep probabilitas, sedikit dari kita yang menyukai bahkan mencintai matematika. sering kali kita tidak pernah khawatir saat kita menaiki kendaraan yang sama setiap hari akan tetapi kita akan merasa khawatir apabila kita naik pesawat. Dan manusia sering kali terlalu optimis tentang undian.

Kejadian yang berdasarkan probabilitas atau ketidak pastian kita sebagai individu akan melakukan apapun untuk menghilangkan perasaan tidak yakin. Riset menemukan dengan menciptakaan perasaan yakin, walaupun kita tidak memiliki kuasa akan hal tersebut, maka kita akan merasa lebih tenang.

Tidak hanya itu saja, kita sebagai individu akan merasa tertantang dengan sebuah tidakpastian sehingga sering kali kita membuat asumsi/teori yang belum terbukti kebenarannya dengan tujuan agar kita bisa merasa yakin akan ketidakpastian tersebut.

Poin 2 : Kita harus menerima ketidakpastian dan mengerti setiap entry yang kita lakukan berbeda satu sama lainnya. Dan hasil dari trading kita pasti akan berakhir dengan ketidakpastian. menciptakan asumsi/ teori dengan tujuan agar kita merasa memiliki kemampuan menerbak market hanya akan mengarakan kepada over opstimism apabila kita tidak sadar akan hal tersebut.

 

HINDARI PERCAYA DIRI BERLEBIH

Faktor yang paling berbahaya dari “Hot Hand Fallacy” adalah merubah persepsi tentang kemampuan diri sendiri. Setelah sukses untung berturut-turut, terkadang kita suka mencoba menantang diri kita untuk masuk di dalam posisi yang lebih sulit sehingga mereka mempunyai kemungkinan menang yang lebih rendah dan mampu merusak portofolio anda. Riset membuktikan investor dan trader jauh lebih aktif ketika trading baru-baru mereka sukses.

Sering juga kita meningkatkan lot dengan berasumsi memanfatkan momen yang baik dengan tujuan meningkatkan performa trading akan selalu berakhir dalam kegagalan. Beberapa orang percaya bahwa trader memiliki insting melihat arah market bergerak setelah menang beberapa kali secara berturut-turut. Merupakan hal yang lumrah apabila kita kehilangan profit yang telah kita peroleh sebelumnya, semua pernah mesakannya bukan??

Poin 3 : Anda tidak akan tiba-tiba menjadi seorang trader hebat! akan tetapi bila anda sudah mempunyai dasar analisa mengenai manajemen resiko dan uang anda maka jangan berubah-ubah dikarenakan insiden-insiden baru yang berdatangan ke anda.

KEKALAHAN BERTUBI-TUBI TERJADI SETIAP SAAT

Menurut anda setelah mengalami loss 6 kali dalam 6 kali entry, strategi trading anda tidak ampuh atau anda merupakan trader yang buruk? mungkin tidak perlu hingga 6 kali entry kita baru merasa bahwa strategi trading kita salah. Bagaimana bila ternyata itu bukan masalahnya? apakah anda bisa memperoleh keuntungan yang anda harapkan? setiap trader mempunyai strategi dan tingkah laku yang berbeda, apabila anda yakin lebih lama dengan strategi yang telah anda asa. Kemungkinan kita dapat melihat lebih banyak trader yang profit.

Poin 4 : Kalah atau menang secara terus menerus merupakan  hal yang normal tidak perdulu seberapa hebat anda. Pasti akan terjadi, jangan menyerah dengan strategi anda teerlalu dini, yakin lah dengan keputusan anda!

APA YANG HARUS DILAKUKAN BILA MENANG ATAU KALAH SECARA TERUS-MENERUS

Saat kondisi menang, kita harus menghindari over confidence!! jangan pernah meningkatkan resiko anda apabila anda sedang dalam kondisi terbaik. konsisten dalam pengaturan lot anda karena ini merupakan hal penting untuk mengurangi kerugian yang mungkin akan terjadi. Pastikan ikuti aturan strategi trading anda dan eksekusi keputusan berdasarkan kriteria strategi trading anda.

Sedangkan saat kalah, hal yang sama berlaku saat kondisi menang jangan terlalu terburu-buru ingin mengambalikan modal anda yang telah hilang dengan meningkatkan lot anda. Kemungkinan anda akan berakhir dengan drawdawn yang lebih besar. Yang paling penting tetap yakin dengan strategi anda, anda hanya bisa mecapai keuntungan apabila anda menjadi trader yang konsisten. Hal ini sulit dipahami untuk trader yang masih baru, tatapi hal ini merupakan ujung dari trading yang menguntungkan. Sebaliknya, fokus pada seberapa baik anda mengeksekusi tiap entry dan jangan terlalu khawatir dengan hasilnya

 

TIP : Sebelum anda melakukan trading, ada baiknya melakukan review terhadap 10-20 trading sebelumnya untuk memahami keadaan seutuhnya dan menghindari keputusan yang didasarkan oleh nafsu semata. Dan selalu aware teerhadap keadaan diri anda.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Lihat DIRI ANDA dan coba PAHAMI dan BACA kembali artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari ARDIAN silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami