JIKA SAHAM TURUN, APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Written by Hanna Dalimunthe, August 31, 2022

Sebagai seorang investor, untuk siap menghadapi market yang naik turun merupakan hal wajar. Oleh karena itu perlu dipersiapkan bagi para investor untuk siap menghadapi market ketika saham sedang melemah ataupun menguat. Nah, gimana cara menghadapi apabila saat saham yang kita miliki atau portofolio sedang merah dan IHSG melemah? Jangan panik dan jangan melakukan eksekusi untuk menjual, perlu diketahui untuk memiliki trading strategy.

Berikut ini hal yang perlu diketahui oleh para investor, apabila memiliki saham namun kondisi sahamnya turun atau melemah, kemudian apa yang harus dilakukan? Ini dia Tips untuk dapat mengetahui hal-hal yang perlu diketahui bagi para investor agar tidak rugi terlalu dalam dimarket. 

Tidak panik atau panic selling
Panik ketika mengahadi situasi yang merugikan memang sangat manusiawi. Akan tetapi, kepanikan yang berkepanjangan ini hanya akan membuat seseorang mengalami kerugian yang bertambah banyak. Misalnya saja, ketika rasa panik menyerang dan tidak bisa dikontrol dengan baik, maka seseorang bisa saja salah mengambil langkah yang justru membuat kesalahan baru. Ini tentunya kerugian datang bertubi-tubi. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda selaku investor, sebaiknya tetaplah berusaha tenang meski dihadapi sengan situasi nilai saham yang menurun. Lebih baik, cari tahu informasi terlebih dahulu mengenai perkembangan investasi saham di beberapa hari ke depan.

Jangan langsung di cairkan
Banyak investor saham terutama bagi yang pemula ketika panik melihat nilai saham turun, mereka langsung mencairkan dana saat itu juga. Hal ini dikarenakan, mereka takut mengalami kerugian. Padahal, ketika nilai saham turun, ini hanya potensi adanya kerugian. Artinya investor belum merugi. Saat dana dicairkan, barulan investor dikatakan rugi. Untuk itu, nilai saham yang turun janganlah membuat Anda mengambil keputusan yang salah. Lihat perkembangan di hari berikutnya secara berkala, karena bisa saja nilai saham tersebut naik drastis secara tiba-tiba yang tentunya membuat Anda mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Goals atau tujuan akhirnya untuk apa?
Setiap seseorang pertama kali memutuskan untuk melakukan investasi di sektor saham, pastinya memiliki tujuan finansial jangka Panjang yang berharga. Bukan hanya mengingat keuntungan yang lumayan besar saja, tapi investor saham mungkin saja menginginkan tujuan ingin membeli rumah, sebagai dana pensiun di masa tua kelak dana pendidikan untuk anak dan lainnya. Untuk itu, jika saat ini nilai saham sedang turun karena PSBB lagi, maka ingatlah tujuan jangka panjang yang telah Anda putuskan sejak awal ketika berinvestasi saham. Dengan begitu, apapun kondisi saham baik sedang buruk ataupun bagus, Anda akan bertahan dan tetap melanjutkan investasi saham. Hanya saja, Anda perlu melakukan pematauan perkembangan saham secara berkala.

TIPS!!! Cara yang perlu dihadapi saham saat melemah :
1. Jangan panik, tunggu hingga kepanikan selesai dan jangan langsung gegabah untuk mengambil keputusan menjual saham-saham yang sedang turun
2. Tetap simpan saham atau hold, sampai batas analisa Anda jika terus turun lebih dalam lebih dari 50% lebih baik cut loss
3. Ikuti rekomendasi dari A-CLUB Academy dengan mendapatkan arahan market untuk mengetahui saham yang sedang melemah atau menguat, dan mendapatkan trading strategy kapan investor masuk dan keluar di market. Hal ini, banyak membantu member untuk mengambil keputusan apakah saham yang dimiliki nya harus di lepas dalam jangka pendek atau di hold dalam jangka panjang. 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :
Jadi, melalui artikel ini seorang investor dapat mengetahui tips agar bisa optimal berinvestasi di pasar modal 
Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Hanna untuk mengenal Investasi lebih detail.
CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami