KENALI PEMBAGIAN DIVIDEN PADA SAHAM

Written by Hanna Dalimunthe, March 12, 2023

Kata “dividen” memang kerap kali muncul jika Anda mulai mempelajari tentang investasi, terutama investasi saham. Dividen merupakan elemen penting untuk dalam pembahasan investasi saham bagi pemula. Lalu, apa itu dividen? Secara mendasar, dalam menjelaskan apa itu dividen, Anda perlu memahami bahwa kata tersebut biasanya identik dengan perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia atau BEI. Mengacu pada besaran dividen yang ditawarkan, hal tersebut jadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh perusahaan untuk menarik minat investor dalam membeli saham dari perusahaan tersebut.

Besaran dividen yang ditawarkan tersebut nantinya akan diberikan kepada investor. Meskipun begitu, Anda perlu mengetahui bahwa ada persyaratan yang perlu Anda setujui bersama pihak perusahaan sebagai pengetahuan awal terkait apa itu dividen dan cara pembagiannya. Jika Anda merupakan investor saham pemula, ada baiknya Anda pelajari secara mendalam tentang apa itu dividen.

BANJIR DIVIDEN 

Dividen merupakan pembagian keuntungan laba dari suatu perusahaan kepada para pemegang saham melalui RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Tentu dividen ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh sebagain investor untuk mendapatkan keuntungan selain dari capital gain. Oleh karena itu, kita perlu tau jenis apa saja dividen itu? 

  1. Dividen tunai
    Nah jenis dividen ini adalah keuntungan dari modal investasi yang dibayarkan bentuk uang tunai 

  2. Dividen saham
    Sedangkan jenis dividen saham ini keuntungan modal investasi dari pihak emiten diberikan bentuk saham. Langsung diberikan ke rekening efek investor. 

  3.  Dividen properti
    Kemudian ada lagi dividen properti, investor diberikan dalam bentuk barang atau aset.

  4. Lanjut, yaitu Dividen utang. Nah dividen jenis ini mengacu pada pembayaran menggunakan skrip, skrip tersebut merupakan sebuah acuan yang akan diberikan langsung kepada pemegang saham. Kemudian emitten ini akan memiliki utang jangka pendek kepada pemegang saham terkait dividen yang seharusnya diterima.

Nah, sudahkah kalian mengecek untuk dividen dari masing-masing saham Anda kapan harus diterima? Karena setiap tahun, tentu setiap emitten memberikan informasi pembagian dividen. Jangan khawatir, kalian bisa langsung cek di postingan Instagram Astronacci yang terupdate tentang pembagian dividen khususnya big bank yang lagi marak di tahun 2023 ini. Langsung cek: https://www.instagram.com/p/Cp5IvNJpkz6/ . Disini kamu bisa cek langsung informasi terupdatenya ya!

RECOMMENDATION FROM EXPERT :
Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami