KENALI SWING TRADING DALAM MARKET SAHAM

Written by Dewi Tiodor, December 28, 2021

Buat anda yang baru saja pertama kali memulai trading atau investasi saham mungkin terdengar asing dengan istilah Swing Trading. Strategi ini bahkan bisa dibilang kalah tren dengan day trading atau scalping.

Swing Trading ini salah satu strategi yang digunakan dalam dunia pasar saham dimana asset yang dimiliki traders ini diperjualbelikan atau ditahan (hold) selama beberapa hari bahkan beberapa minggu juga untuk mencapai profit yang diinginkan.

Strategi swing trader ini biasanya mengambil posisi dalam jangka waktu tertentu, bisa beberapa hari, mingguan bahkan juga bulanan. Gunanya untuk melihat perkembangan saham dan menentukan waktu yang tepat untuk menjual saham sesuai Profit yang sudah kita tentukan.

Biasanya trader yang menggunakan teknik swing trading ini menentukan profit yang cukup kecil, mungkin 5%-10% saja dalam waktu tertentu.

Ada beberapa teknik yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir resiko saat penggunaan teknik swing trading, simak sebagai berikut :

1. Perhatikan teknik entry

Teknik entry yang terukur dan effisien akan menentukan keberhasilan trading dalam jangka panjang. Simplenya, Anda bisa melakukan entry sesuai dengan tren yang terjadi di market. Ada 3 tren besar yang sering terjadi di market yaitu tren kenaikan (uptrend), Tren Penurunan (Downtrend) dan Mendatar (Sideways)

Dengan anda menentukan kapan entry yang tepat ini juga memberi potensi risk/reward yang lebih baik, termasuk juga dalam penempatan exit dan stop loss.

2. Gunakan Stop Loss

Stop loss tentu sangat diperlukan, gunanya sebagai pembatas kerugian saat anda melakukan open posisi. Aplikasikan stop loss ini juga bisa menekan risiko kerugian yang mungkin terjadi. Menentukan stoploss juga tergantung kepada diri anda, jika anda siap dengan resiko 5%-10% maka apabilan harga saham yang anda miliki turun menyentuh limit resiko yang anda tentukan, bisa pertimbangan untuk anda cutloss dan juga persiapkan untuk cari entry di saham yang lain.

Maka dari itu swing trading ini memang lebih popular pada seseorang yang cukup sibuk dengan kesehariannya, sehingga mereka pilih untuk beli saham dan juga di hold untuk jangka waktu yang lama seperti bebera hari bahkan minggu dan bulan.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari TIODOR silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami