KENAPA DISEBUT INDEKS LQ 45? CARI TAHU YUK!

Written by Hanna Dalimunthe, June 29, 2022

Saat memulai investasi di pasar modal, tentu setiap investor mengetahui jenis saham yang akan atau mau di transaksikan ke portofolio nya. Oleh karena itu, kita perlu mengenal apa sih indeks saham LQ 45 atau liquid 45 saham di Bursa Efek Indonesia. Perlu kita cari tahu lebih lanjut, simak artikel berikut ini. 
Di Indonesia terdapat beberapa indeks, salah satunya adanya indeks LQ 45 dan saham blue chip. Saham bluechip ini merupakan saham-saham perusahaan besar yang memiliki finansial baik dan sudah beroperasi selama bertahun-tahun. 

Indeks LQ45 ini memiliki tujuan sebagai pelengkap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang memberikan informasi dan sarana objektif yang terpercaya bagi analisis keuangan, manajer investasi, hingga investor dalam memantau pergerakan harga saham-saham yang aktif setiap harinya. (Sumber: idxchannel)

Yuk kita cari tau lebih dalam lagi, agar para investor mengetahui layaknya investasi di saham saham liquid yang sudah terdaftar di BEI, berikut ini kriteria saham yang masuk di LQ 45


 

Kriteria saham yang masuk kategori dalam LQ 45 

  1. Tercatat di BEI minimal 3 bulan
  2. Memiliki kondisi keuangan, prospek pertumbuhan dan nilai transaksi yang tinggi
  3. Masuk dalam 60 saham berdasarkan nilai transaksi pada pasar reguler dalam 12 bulan terakhir
  4. Dari 60 saham tersebut, 30 saham teratas akan masuk secara otomatis dalam perhitungan indeks LQ 45

Kritetia pasar yang dimiliki antara saham-saham LQ45 dan blue chip memiliki kesamaan. Meskipun tak semua saham di indeks LQ 45 disebut sebagai saham blue chip sebagai saham blue chip memiliki kriteria yaitu saham yang menjadi market leader atau pemimpin pasar di setiap sektornya. 
Jangka waktu emiten, perbedaan saham bluechip dengan saham indeks yaitu saham blue chip relatif lebih lama berada di pasar modal dibandingkan dengan saham di LQ 45.
Rasio utang dan aset yang stabil, berbeda dengan LQ45 saham bluechip memiliki rasio utang dan aset yang lebih stabil. Tentunya, hal tersebut penting diperhatikan oleh investor karena sebanding dengan risiko yang nantinya akan diterima investor. Saham blue chip juga dpat dikatakan sebagai saham yang konsisten membagikan dividen kepada investor dan memiliki kinerja yang solid

Tujuan Indeks Liquid 45 
Indeks LQ 45 memiliki tujuan sebagai pelengkap IHSG, khususnya untuk menyediakan sarana yang obyektif dan terpercaya bagi analisis keuangan, manajer investasi, investor juga pemerhati pasar modal dalam memonitor pergerakan harga dari saham-saham yang aktif diperdagangkan. Untuk mengetahui list dari saham-saham terdaftar di Bursa Efek Indonesia bis langsung cek disini (https://yuknabungsaham.idx.co.id/indeks-lq45)

RECOMMENDATION FROM EXPERT:
Jadi melalui artikel ini Anda mengetahui refrensi investasi saham dan mengenal lebih dalam lagi di pasar modal khususnya pasar indeks LQ45
Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Hanna untuk mengenal trading lebih detail.
CALL atau whatsapp dan cari Hanna silahkan hubungi DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami