KENAPA MONEY MANAGEMENT DI SAHAM ITU PENTING?

Written by Caroline, CWM, March 13, 2023

Jika ingin berinvestasi saham, salah satu poin penting yang harus dilakukan adalah membuat money management di saham yang tepat. Bukan hanya sekedar menggunakan uang “dingin” untuk beli saham tanpa pengaturan yang jelas.

Tidak sedikit trader atau pemain saham yang mengabaikan atau bahkan lupa mengelola uang saat berinvestasi. Alhasil, ketika rugi maka dampaknya sangat signifikan pada kondisi finansial mereka.

5 Alasan Pentingnya Money Management di Saham

Untuk bisa berhasil mendapatkan cuan melimpah dari investasi saham, mengelola uang yang akan digunakan untuk investasi tersebut sangat penting. Lima alasan berikut membuktikan hal tersebut.

  • Disiplin Berinvestasi

Bukan hanya di dalam dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari saja disiplin itu penting, dalam investasi juga sangat dibutuhkan. Saat seseorang tahu berapa uang yang dimilikinya untuk buying, dan konsisten dengan dana tersebut tanpa menggunakan dana tambahan maka dia masuk kategori siap menjadi trader yang sesungguhnya.

Percaya atau tidak, jika disiplin tidak maksimal saat bermain saham maka uang akan melayang dalam jumlah besar tanpa ada remnya. Jika ingin belajar disiplin investasi, banyak caranya salah satu yang paling tepat adalah pakai panduan dari astronacci.com.

  • Tahu Batasan Resiko

Investasi dalam bentuk saham pasti akan ada resikonya, jadi ketika trader sudah mematok dana yang akan dipakai membeli saham. Maka resiko yang bisa saja didapatkan akan terbatas pada perputaran dana tersebut, sehingga kalaupun rugi tentu jumlahnya tidak cenderung meningkat.

  • Upaya Mengasah Mental

Dunia saham itu ibarat mystery box yang tidak bisa diprediksi, bisa saja dalam waktu singkat seorang trader mendapatkan cuan banyak. Tapi bisa juga merugi dalam jumlah besar pada selang waktu tak terduga. Untuk bisa menerima semua kondisi tersebut, tentu butuh mental yang kuat. Oleh karena itu, semakin sering main saham dengan sendirinya akan membentuk mental yang pantang menyerah untuk berinvestasi.

  • Memaksimalkan Potensi Untung

Dengan dana yang dikelola menggunakan money management di saham, potensi keuntungan yang bisa didapatkan akan lebih maksimal. Kenapa begitu? Trader bisa menganalisa mana portofolio emiten yang cocok dibeli sahamnya, kemudian melakukan selling di waktu tepat.

  • Kalkulasi Kemampuan Investasi

Berapa modal yang dimiliki, akan bisa menjadi tolak ukur untuk menentukan sejauh mana seorang trader bisa bermain saham. Apakah bisa dilakukan untuk jangka panjang atau jangka pendek saja.

Tips Money Management Saham yang Tepat

Setelah tahu betapa pentingnya menggunakan pengaturan keuangan saat bermain saham, tentu akan lebih nyaman memanfaatkan modal tersedia untuk membeli saham. Berikut ini beberapa tips melakukan money management yang tepat agar untung besar.

  • Pakai Dana “Dingin”

Dana yang akan dijadikan modal saham sebaiknya adalah dana “dingin”, artinya ketika seseorang punya dana bulanan dan semua kebutuhan wajib sudah dikeluarkan. Begitu juga dengan dana darurat yang juga sudah disisihkan.

Maka sisanya itulah yang boleh disebut dana “dingin”, bisa juga dijelaskan sebagai dana standby yang bisa dipakai kapan saja.

  • Pilih Beberapa Emiten Potensial

Saat akan membeli saham, jangan hanya di satu emiten saja. Usahakan untuk menyebar modal pada beberapa emiten potensial, setelah melakukan analisis terhadap indeks saham emiten tersebut.

  • Stop Loss

Menggunakan stop loss management, dimana trader bisa berhenti membeli saham pada posisi harga tertentu. Gunanya adalah untuk meminimalisir kerugian yang akan dialami oleh trader itu sendiri.

  • Update Portofolio Sesering Mungkin

Lakukan update kondisi emiten melalui portofolionya secara rutin, untuk mengetahui kondisi nilai saham terbaru. Supaya keuntungan bisa didapat dan kerugian dihindari.

Jangan abaikan money management di saham, jika memang ingin mendapatkan untung besar dari investasi saham. Tidak sulit untuk menerapkan tips pengelolaan uang tersebut, asalkan konsisten dilakukan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com

Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail

CALL atau Whatsapp saya ke +62877 897 00064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami