Kenapa NFP ditunggu Traders?

Written by Indri Dwi Sapitri, November 25, 2020

Apa Itu NFP?


Data Non-Farm Payroll (NFP) adalah sebuah data berisikan perubahan jumlah tenaga kerja Amerika Serikat di semua sektor dengan pengecualian pegawai pemerintah, pegawai rumah tangga, pegawai yang bekerja pada organisasi LSM (non-profit/nirlaba) dan karyawan sektor pertanian.

Data NFP AS mencerminkan kondisi ketenagakerjaan di sektor komersil dan industri di Amerika Serikat, sehingga digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan oleh pemerintah, bank sentral, maupun investor.

"Perlu diketahui bahwa dalam ilmu ekonomi, ketenagakerjaan memegang posisi penting karena semakin banyak warga bekerja maka akan semakin banyak gaji yang dibelanjakan dan bisa melumasi mesin-mesin ekonomi. Semakin tinggi pertambahan Non-Farm Payroll dapat diterjemahkan sebagai makin mantapnya kondisi perekonomian Amerika Serikat."

 

Kapan Dan Siapa Yang Merilis NFP?

Data NFP AS merupakan bagian dari satu set laporan "Employment Situation Report" yang dibuat oleh US Bureau Of Labor Statistics (BLS). Laporan ini dipublikasikan satu bulan sekali; biasanya pada hari Jumat minggu pertama setiap bulannya pada pukul 19.30 atau 20.30 WIB.

Publikasi data NFP juga bisa ditunda atau dimajukan apabila bertepatan dengan libur nasional AS.

History: Data NFP AS untuk bulan Oktober pada tahun 2013 sempat tertunda rilisnya selama dua minggu akibat tutupnya pemerintahan AS dari awal bulan hingga tanggal 16 Oktober.

Selain data NFP, laporan BLS juga mencakup Tingkat Pengangguran, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, dan Pendapatan Rata-rata Per Jam. Semua data tersebut biasanya ikut dipertimbangkan oleh pelaku pasar dalam mengukur kesehatan ekonomi AS.

 

Pengaruh Data Non-Farm Payroll Bagi Pelaku Pasar Keuangan

Sektor-sektor yang dicakup oleh data Non-Farm Payroll, menyumbang sekitar 80% dari Gross Domestic Product (indikator fundamental utama yang digunakan untuk mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara) Amerika Serikat.

Dengan demikian, laporan Non-Farm Payroll berguna bagi pemerintah AS untuk:
a. Menilai kondisi ekonomi saat ini
b. Membuat kebijakan ekonomi,

Sehingga data diatas dapat dipakai sebagai acuan untuk memprediksi aktivitas ekonomi di masa mendatang.

Bank Sentral Amerika Serikat yang bernama Federal Reserve (FED) secara khusus selalu memberikan perhatian pada data NFP dengan membahasnya dalam rapat kebijakannya, yaitu pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC).

Ingin tahu Strategy trading saat NFP berlangsung? Baca Juga: STRATEGI TRADING SAAT NFP

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami