LAGI..SAHAM BLUECHIPS MENJADI PILIHAN

Written by Karlina, December 16, 2022

Menempatkan dana di pasar saham menjadi salah satu pilihan untuk berinvestasi. Seorang investor yang berpengalaman bisa meraup keuntungan dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Menjalankan investasi di pasar saham memang dapat mendatangkan banyak uang. Namun, sebelum benar-benar terjun ke investasi ini, Investor atau trader sebaiknya perlu memahami saham unggulan di bursa efek, yakni saham blue chips. Apakah itu saham blue chips? Mengapa saham jenis ini  menguntungkan untuk dikoleksi?

Apa Itu Saham Blue Chips?

Berbicara tentang saham blue chips, Anda perlu mengetahui sejarah dari saham blue chips itu sendiri. Saham blue chipsatau Saham Lapis Satu merupakan jenis saham dengan kapitalisasi pasar tertinggi di atas Rp10 triliun. Perusahaan yang sahamnya masuk kategori ini memiliki reputasi ditinjau dari sisi fundamental. Penggunaan istilah blue chips sendiri berasal dari salah satu permainan di dunia judi, yakni poker. Dalam permainan ini, taruhan yang digunakan menggunakan tiga keping koin dengan warna merah, putih, dan biru. Warna biru umumnya memiliki nilai yang paling besar. Istilah ini pertama kali diperkenalkan pada 1923 oleh Oliver Gingold. Saat itu ia sedang mengamati pergerakan saham di pasar modal.

Karakteristik Saham Blue Chips

Ada beberapa karakteristik yang terdapat pada saham blue chips sehingga membuat saham jenis ini menguntungkan untuk di koleksi di antaranya:

  • Saham Blue Chips Memiliki Kapitalisasi Besar. Saham bisa dikatakan sebagai saham blue chips apabila saham perusahaan tersebut memiliki kapitalisasi pasar yang cukup besar. Nilainya hingga triliunan rupiah. Besarnya nilai kapitalisasi pasar ini akan membuat pemain saham atau investor sulit untuk memanipulasi harga.
     
  • Saham Blue Chips Punya Likuiditas Bagus. Selain nilai kapitalisasi yang besar, perlu dilihat seberapa besar saham perusahaan tersebut dimiliki publik atau beredar di bursa. Jika kepemilikan publik terlalu sedikit, besar kemungkinan harga saham mudah untuk dimanipulasi sehingga menjadikan saham tersebut tidak likuid di pasar saham. Sebaliknya jika saham tersebut mempunyai tingkat kepemilikan yang tinggi, itu artinya saham itu terbilang likuid.
     
  • Makin Lama Berada di Bursa, Sahamnya Memungkinkan untuk Masuk Saham Blue Chips. Makin lama saham perusahaan berada di bursa juga menjadi kategori yang penting dalam penentuan saham tersebut bisa dikatakan sebagai saham blue chips atau bukan. Biasanya patokan yang diambil adalah minimal lima tahun.
     
  • Kinerja Perusahaan adalah Tolok Ukur dari Saham Blue Chips. Kategori keempat adalah bagaimana kinerja dari perusahaan yang menjual sahamnya di bursa. Apakah bisa menghasilkan laba setiap tahunnya? Apakah bisa mencetak laba yang selalu meningkat setiap tahunnya? Apakah nilai laba yang dihasilkan bisa cukup besar dibandingkan dengan modal perusahaan?

Dengan mengambil patokan jangka waktu lima tahun, perlu diketahui bagaimana stabilitas kinerja perusahaan tersebut. Perusahaan yang selalu berhasil mencetak laba setiap tahunnya apabila satu tahun mengalami penurunan, tahun berikutnya harus bisa naik. Hal ini bisa menjamin pemegang saham untuk tetap bisa mendapatkan dividen setiap tahunnya. Saham perusahaan seperti ini bisa dikatakan sebagai saham blue chips

Keuntungan Investasi Saham Blue Chips

Apakah investasi di saham blue chips apakah akan selalu mendapatkan untung? Jawabannya adalah tidak. Karena bila memang selalu dan pasti memberikan keuntungan, tidak akan ada investor yang akan berinvestasi di saham perusahaan kecil atau Saham Lapis Tiga. Yang akibatnya perusahaan kecil menjadi sulit untuk berkembang dan mustahil untuk masuk menjadi saham blue chips. Dalam bursa  saham, setiap saham perusahaan memiliki potensi untuk memberikan keuntungan kepada pemiliknya. Bukan tidak mungkin Saham Lapis Tiga lebih banyak menyumbangkan keuntungan daripada saham blue chips.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari LINA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami