LAKUKAN INI JIKA ANDA INGIN KONSISTEN PROFIT DI MARKET!

Written by Hadi Jumaidi, May 26, 2021

Seorang trader forex sebenarnya diwajibkan untuk selalu mengevaluasi hasil dari setiap tradingnya dalam jurna trading, baik keuntungan maupun kerugian. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dalam trading tidak ada yang namanya strategi tepat 100%. Karena itu Anda wajib untuk memiliki strategi yang setidaknya sesuai dengan gaya Anda dan juga sesuai dengan tujuan Anda. Untuk lebih memudahkan dalam melakukan verifikasi metode trading maka Anda bisa menggunakan trading journal. Bagaimana caranya? tentunya anda harus mempunyai journal trading anda sehingga banyak keuntungan yang anda dapatkan. 

Jurnal trading adalah catatan seluruh hasil trading yang kita lakukan sesuai dengan rencana trading yang telah kita buat. Secara rinci kita catat riwayat level Entry, Exit, level Stop Loss, Target Profit, Lot, dll.


Manfaat jurnal trading adalah untuk memudahkan trader dalam memeriksa kembali metode trading. Jurnal trading akan memberikan kilas balik tentang sejauh mana sistem trading bekerja, sekaligus bagaimana kinerja mereka di setiap produk saat kondisi pasar berubah. Jurnal akan membantu untuk menjawab bagaimana kinerja sistem di saat trending market, range-bound market pada time-frame yang berbeda-beda.

Trader juga bisa melihat dampak dari keputusan trading, misalnya taking profit yang terlalu cepat, penempatannya yang terlalu ketat atau order stop loss yang terlalu renggang. Trader dapat meninjau kerja sistem trading secara periodik (mingguan, bulanan atau kuartalan) dan mencari tahu apakah yang dilakukan sudah benar atau justru salah. Setelah itu, trader bisa memperbaiki sistem trading apabila diperlukan. 

Main Reasons to Keep a Trading Journal Include:

  • They help you identify weak points and strong points in your style.
  • Journals could increase trading consistency.
  • The journal could keep you accountable.
  • The journal can help you choose your best trading strategy.

Nah, Berikut ini Salah Satu Contoh Journal Trading Termudah yang Bisa Anda Gunakan:


Tanggal Trading: ____________
Menggunakan Hari (optional):______
Waktu Open Position: ____________
Waktu Stop Position: ____________
Jenis Pair Yang Ditradingkan: _____________
Harga Saat Open Position: _____________
Stop Loss: _____________
Take Profit: _____________
Lot Dalam Trading: _____________
Jumlah Kerugian: _____________

Hal yang paling penting adalah Mengevaluasi ulang dipercaya bisa menjadi salah satu cara untuk mencapai hasil yang lebih baik di masa depan. Diterjemahkan dari laman The Balance, jurnal trading adalah alat yang mencakup rincian dengan detail tentang aktivitas trading Anda

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami