LANGKAH WAJIB MEMULAI TRADING SAHAM BAGI PEMULA

Written by Holis Syaputra, March 21, 2020

Banyak orang ingin berhasil dari trading saham, namun tidak sedikit yang terjun di market saham bukannya untung malah buntung. Meskipun begitu ada juga yang berhasil dari trading saham, menjadi kaya raya hanya dengan trading saham, namun jumlahnya sangat sedikit jika dibandingkan dengan mereka yang belum berhasil. Nah, Setelah anda memutuskan untuk membeli saham apakah itu untuk tujuan trading atau investasi, maka timbul pertanyaan bagaimana cara membeli saham perusahaan-perusahaan yang telah anda yakini tingkat profitabilitas finansialnya. Nah, sebelum anda pusing dengan sejuta pertanyaan yang ada, alangkah baiknya yuk coba pelajari langkah wajib memulai trading saham bagi pemula dalam artikel ini 

Menyiapkan  Dana Modal


Jumlah minimal pembelian saham dari suatu emiten (perusahaan yang menjual sahamnya ke publik) adalah sebanyak 1 lot = 100 lembar. Sementara harga minimal saham yang diperdagankan di BEI adalah Rp 50,- per lembar, jadi cukup dengan modal sebesar lima ribu rupiah saja kita sudah bisa mulai berinvestasi saham, jika anda membeli saham-saham yang harganya 50 rupiah.

Seberapa besar modal yang anda butuhkan? Ini mungkin menjadi pertanyaan klasik bagi mereka yang sekedar ingin tahu atau benar-benar serius ingin membeli saham. Perlu anda ketahui bahwa Investasi saham masa kini tidak membutuhkan dana sebesar dulu. Kini, Anda sudah bisa berinvestasi saham hanya dengan modal lima juta rupiah.

Memilih Broker


Langkah kedua dalam belajar saham untuk pemula adalah memilih Broker. Sampai dengan saat ini terdapat sekitar 115 Broker yang bisa anda pilih menjadi perantara dan mitra anda dalam menemukan saham yang menguntungkan.

Broker atau pialang tentu saja memiliki karakteristiknya masing-masing, ada yang terkenal karena akses infromasi dan pengetahuan pasar yang luas, ada yang terkenal karena online tradingnya, atau bahkan ada yang menawarkan modal awal yang rendah. Intinya temukanlah broker yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Ketahui Syarat Membuat Akun Saham


Untuk mulai membeli saham setiap investor harus membuka account di sebuah sekuritas atau sering disebut broker, sebagai lembaga resmi yang ditunjuk menjadi perantara antara satu investor dengan investor lain dalam bertransaksi di Pasar Modal Indonesia. Setiap sekuritas/broker memiliki ketentuan masing-masing akan modal minimal yang harus dideposit ketika membuka account, saat ini di beberapa sekuritas dana awal yang harus kita setor hanya sebesar Rp 100.000,-.

Modal yang kita setor ketika membuka account tidak harus dibelanjakan seluruhnya, beberapa saat setelah proses pembukaan account selesai, kita dapat mentransfer kembali sebagian dari modal yang kita setor, dan menyisakan sejumlah yang ingin kita investasikan saja.

Perdalam Pengetahuan Tentang Investasi Dan Trading


Pengetahuan tentang investasi dan trading serta pergerakan pasar adalah hal krusial yang harus anda ketahui sebanyak mungkin sebagai pemula dalam proses belajar saham. Ketika terjun dalam dunia investasi dan trading, jangan pernah sama sekali anda masuk tanpa pengetahuan yang memadai. Bermodalkan spekulasi tidaklah cukup, anda harus cerdas dalam melihat keberagaman dan alasan fluktuasi pasar.

Selain itu, pengetahuan anda tentang saham dari perusahaan yang anda beli harus benar-benar maksimal. Siapapun tentu saja tidak ingin perusahaan yang menjadi mitranya tiba-tiba anjlok. Untuk itu, anda harus tahu betul karakteristik perusahaan itu, minimal dengan menganalisa laporan keuangan yang bisa anda dapatkan dari Bursa Efek Indonesia.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau whatsapp dan cari HOLIS silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami