LEBIH MENGENAL PASAR REGULER, PASAR NEGOSIASI & PASAR TUNAI

Written by Hanna Dalimunthe, July 25, 2021

Pasar sekunder adalah kelanjutan dari pasar perdana setelah perusahaan melepas sahamnya dalam IPO. Setelah tercatat di bursa saham, artinya saham perusahaan tersebut bisa bebas ditransaksikan oleh publik, sesuai banyaknya permintaan dan penawaran. Transaksi jual beli saham di pasar sekunder dilangsungkan di Bursa Efek Indonesia. Anda bisa membeli saham melalui sekuritas atau broker, misalnya menggunakan software online trading saham. Nah, pasar sekunder ini dibagi menjadi 3 jenis pasar. Apa saja?

Berikut adalah jenis-jenis pasar sekunder yang ada di bursa saham:

  • Pasar Reguler (Regular Board)

    Pasar Reguler adalah jenis pasar yang digunakan untuk transaksi saham sehari-hari. Transaksi saham di pasar reguler menggunakan mekanisme tawar menawar yang berlangsung secara terus menerus selama periode perdagangan. Maka, boleh dibilang harga saham bisa berubah terus setiap waktu. Saham-saham di Pasar Reguler diperdagangkan dalam satuan perdagangan lot, dimana 1 lot sekarang adalah 100 lembar. Mekanisme penyelesaian transaksi di pasar reguler menggunakan standar T+2 (2 hari bursa setelah transaksi). Dimana uang pembelian atau penjualan saham ditagihkan pada 2 hari bursa setelah transaksi)
     
  • Pasar Negosiasi (Negotiated Board)

    Pasar Negosiasi adalah jenis pasar yang transaksi sahamnya tidak seperti proses yang umum. Hampir mirip dengan cara perdagangan di pasar reguler, di pasar negoasiasi juga ada tawar menawar. Tetapi tidak dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Tawar menawar harga dilakukan secara pribadi, tetapi tetap dalam pengawasan bursa. Hasil negosiasi harus disepakati oleh bursa. Satuan perdagangan di pasar negosiasi menggunakan satuan lembar.

Investor umumnya melaksanakan transaksi saham di pasar nego dengan tiga tujuan.

  • Pertama, menjual atau membeli saham dengan fraksi harga yang berbeda dengan fraksi di pasar reguler.
  • Kedua, menjual atau membeli saham odd lot (jumlah saham di bawah standar 1 lot/100 lembar saham).
  • Ketiga, menjual atau membeli saham tidur atau saham gocap (saham-saham yang jatuh ke ambang harga saham terendah IDX pada level Rp50).

Pasar nego ini sangat unik. Transaksi di pasar negosiasi merupakan solusi jitu bagi investor yang ingin melego saham nyangkut berstatus gocap. Namun, cara menjual dan membeli saham di pasar negosiasi tidaklah sama dengan transaksi di pasar lain. Cara transaksi saham di pasar negosiasi terbagi menjadi dua. Pertama, transaksi pasar nego via platform trading saham. Kedua, transaksi pasar nego via broker. Berikut ini rinciannya.

Transaksi Pasar Negosiasi via Platform Trading Saham

Setiap perusahaan sekuritas di Indonesia menyediakan platform trading saham dengan fitur berbeda-beda. Semuanya memiliki fitur wajib seperti order book dan riwayat transaksi. Tapi tak semuanya menyediakan info fundamental saham, sinyal trading, atau kapabilitas untuk mengeksekusi transaksi saham di pasar nego. Apabila perusahaan sekuritasmu menyediakan platform trading saham yang mampu mengeksekusi transaksi pasar negosiasi, kamu dapat mengirim order beli atau jual secara langsung di dalamnya. Pada halaman order, carilah kode saham dengan akhiran .NG. Misalnya BNGA.NG, BMTR.NG, BUMI.NG, dan lain-lain. Setelah mengetikkan kode saham dengan akhiran .NG, kamu dapat mengisi volume dan harga yang diinginkan.

Perlu diketahui, simbol .NG merupakan singkatan resmi dari pasar negosiasi. Kode saham tanpa akhiran atau dengan akhiran .RG menunjukkan transaksi pasar reguler. Sedangkan singkatan .TN merujuk pada transaksi pasar tunai. Ada kemungkinan perusahaan sekuritasmu menggunakan istilah atau simbol berbeda, sehingga ada baiknya juga menengok buku panduan cara penggunaan platform jika kamu tidak menemukan kode-kode ini. Setelah order jual saham di pasar negosiasi terkirim pada platform trading, belum tentu akan ada pembeli yang langsung menerimanya. Kamu perlu menunggu dalam waktu cukup lama hingga order tersebut tereksekusi. Untuk mempercepat, kamu juga bisa menghubungi brokermu agar perusahaan sekuritas dapat menawarkan sahammu secara aktif kepada pihak-pihak yang mungkin berminat.

Transaksi Pasar Negosiasi via Broker

Apabila perusahaan sekuritasmu tidak memberikan fasilitas yang dibutuhkan, kamu perlu menghubungi broker untuk melaksanakan transaksi saham di pasar negosiasi. Siapa broker itu? Broker yang dimaksud di sini bisa jadi Account Officer, Customer Service, maupun petugas lain yang memperoleh mandat serupa dari perusahaan sekuritas. Setelah menghubungi broker, kamu perlu menunggu selama beberapa waktu. Prosedur selanjutnya cukup panjang. Broker akan menghubungi kantor pusat atau menempuh proses internal lain, kemudian perusahaan sekuritas akan menginisiasi penawaran saham tersebut kepada nasabah lain. Ketika ada nasabah yang berminat, broker akan menghubungimu kembali.

Transaksi saham di pasar negosiasi itu mungkin tidak akan tereksekusi tepat pada harga awal yang diinginkan penjual saham. Dalam proses selanjutnya, penjual dan calon pembeli bisa saling bertukar penawaran berkali-kali hingga mencapai kesepakatan akhir. Bargaining position penjual saham di pasar negosiasi biasanya lebih rendah dibanding calon pembeli, sehingga harga yang disepakati seringkali di bawah harga saham di pasar reguler. Jadi sebelum menjual saham di pasar nego, kamu harus menyiapkan mental untuk “boncos” ataupun menerima harga lebih murah beberapa kali lipat di bawah harga pasar. Jangan shock kalau harga saham terbanting dari Rp50 sampai Rp5.

Pasar Tunai (Cash Market)

Pasar Tunai adalah jenis pasar yang mirip dengan pasar reguler, tetapi berbeda pada sistem pembayarannya. Saham-saham di Pasar Tunai diperdagangkan dalam satuan lot. Mekanisme penyelesaian transaksi di pasar tunai menggunakan standar T+0 (hari itu juga) dan hanya di sesi 1. Pasar Tunai biasanya digunakan untuk menyelesaikan kegagalan anggota Bursa dalam memenuhi kewajibannya di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi. Misalnya pada transaksi short selling.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami