MANA YANG LEBIH BAIK HEDGING ATAU CUT LOSS

Written by Hadi Jumaidi, December 02, 2020

APA ITU HEDGING DAN CUT LOSS ?

Hedging dan Cut Loss adalah cara-cara membatasi kerugian dalam Forex trading.


HEDGING

Hedging adalah strategi trading untuk "membatasi" atau "melindungi" dana trader dari fluktuasi nilai tukar mata uang yang tidak menguntungkan. Hedging memberi kesempatan bagi trader untuk melindungi diri dari kemungkinan rugi (loss) meski sedang melakukan transaksi.

Hedging dilakukan dengan melakukan buy dan sell atas satu Pair dan Jumlat lot yang sama secara bersamaan ketika market tidak sesuai dengan analasia yang sudah kita buat. Contoh: Buy GOLD 1 lot.


Ternyata analisa yang dibuat salah, market malah turun. Oleh karena itu kita bisa ambil posisi Sell GOLD 1 lot.

 

Apabila harga terus melanjutkan penurunan nya, maka Posisi Buy kita akan minus tetapi posisi Sell akan bertambah profit. Intinya ketahanan dana yang kita punya tidak akan berkurang karena posisi nya sudah dilindungi.


CUTLOSS

Cut Loss adalah tindakan menutup posisi yang merugi karena harga bergerak berlawanan dengan prediksi kita , sehingga kita bisa menghindari kerugian yang lebih besar. Contoh: kita sudah buat analisa naik. Buy GOLD 1 lot.



Ternyata analaisa yang dibuat salah, market malah turun. Pada saat ini kita bisa ambil keputusan untuk cutloss untuk membersihkan posisi trading kita.



Apabila harga terus turun, maka kita tidak akan mengalami kerugian sampai menghabisi profit yang sudah didapatkan. Cutloss ini bersifat Pasti karena suatu posisi akan otomatis tertutup pada saat kerugian yang kita anggap bisa diterima dalam trading plan yang sudah dibuat.

 

BAGAIMANA PSIKOLOGIS TRADER?

Trader yang melakukan Lock (Hedging) akan sering menimbulkan rasa Keragu-raguan, kapan waktu yang tepat untuk melepas posisi Buy atau Sell dengan harapan dapatkan profit. Hedging apabila dikelola dengan baik akan memberikan keuntungan tetapi banyak trader yang melakukan teknik ini berakibat nambahnya floating minus  dan berakhir dengan Margin Call.

Trader yang mengambil keputusan Cutloss akan memiliki psikologis yang lebih tenang. Karena semua yang dilakukannya itu Pasti dan sudah diperhitungkan dan tidak menimbulkan keragu-raguan untuk setiap keputusan yang diambil selanjutnya.


RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Saran saya sebagai Senior Trading Advisor Pilih cara yang tepat dalam membatasi kerugian trading Anda. Pikirkan Resiko yang dialami untuk menyiapkan trading plan selanjutnya, apakah Anda akan siap untuk menghadapi market selanjutnya ataukah Anda tetap dalam keragu-raguan. Saya akan memberikan KONSULTASI GRATIS, mau? Share artikel ini ketemenmu, silahkan hubungi dan cari Hadi J dinomor whatsapp  +62 8788.42.50.484

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami