MASIH BELUM TAU KEUNTUNGAN KALAU INVESTASI SAHAM? LANGSUNG BACA ARTIKEL INI YUK!

Written by Hana Florencia, April 22, 2022

Kali ini kita akan menjelaskan tentang manfaat-manfaat ketika Anda memilih saham menjadi pilihan investasi. Pada dasarnya, ada 2 manfaat yang langsung bersifat menguntungkan Anda yaitu Capital Gain & Dividen. Selain untuk pribadi Anda, ada juga manfaat saham untuk siklus perekonomian di Indonesia. Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya

  • Capital Gain & Dividen 



    Adalah 2 poin keuntungan yang bisa Anda dapatkan untuk investasi di saham. Capital Gain sendiri adalah selihi dari harga beli dan harga jual dari saham yang Anda miliki. Let's Count! Anda membeli saham emiten ABC, emiten yang saya maksud di sini adalah perusahaan yang sudah tercatat di papan perdagangan saham. Saham ABC yang memiliki harga saham 1,500 per lembarnya sebanyak 100 LOT. Lalu menjualnya di harga 2,000 rupiah per lembar. Berapa Capital Gain yang akan Anda dapatkan?

    BUY
    100 LOT X 100 (Karena 1 Lot itu sebanyak 100 Lembar) = 10,000 Lembar
    1 Lembar = 2,500
    10,000 Lembar = 25,000,000

    SELL
    10,000 X 3,000 (Harga Jual Saham) = 30,000,000
    Jadi, Capital Gain yang akan Anda dapatkan adalah sebesar Rp 5,000,000-

    Yang kedua adalah Dividen, dividen sendiri adalah laba (profit) yang dihasilkan perusahaan yang kemudian diberikan (dibayarkan) kepada investor atau pemegang saham (shareholders). Secara umum, ada dua jenis dividen yang dapat diberikan oleh emiten, yaitu dividen saham dan dividen tunai. Dividen saham (stock dividend) merupakan laba yang diberikan oleh emiten kepada pemegang saham berupa saham. Sedangkan dividen tunai (cash dividend) merupakan laba yang diberikan oleh emiten kepada pemegang saham berupa uang tunai (cash).
     
  • Manfaat Investasi Saham untuk Perekonomian Negara



    Investasi saham adalah investasi yang menimbulkan hubungan timbal balik. Saat perusahaan memutuskan untuk menjual sahamnya di bursa efek, maka sudah pasti ada modal yang tengah disuntikkan agar roda industri perusahaan tersebut bisa berjalan. Industri yang berjalan berpotensi untuk berkembang sehingga menghasilkan profit yang diharapkan. Itulah mengapa investasi penting untuk semua pihak, tidak hanya kepada investor secara individual. Melalui investasi yang dilakukan masyarakat, perusahaan dapat meningkatkan peralatan usaha, menambah karyawan, dan melakukan ekspansi pada usahanya. Lapangan kerja akan terbuka untuk mencari sumber daya yang unggul. Perusahaan bisa tumbuh dengan baik sehingga mampu memberikan pajak yang lebih besar kepada pemerintah.

    Saat perusahaan mampu menghasilkan pajak yang besar, target pertumbuhan ekonomi negara bisa tercapai. Pemerintah bisa membangun infrastruktur, meningkatkan kualitas pendidikan, memperluas fasilitas kesehatan, dan sebagainya. Memiliki lembaran saham suatu perusahaan tidak hanya berdampak kepada laba secara pribadi. Saat saham suatu perusahaan melantai di bursa, perekonomian negara bisa dibilang sedang diserahkan ke tangan kita. Satu keputusan berinvestasi yang kini bisa dilakukan dengan satu sentuhan jari bisa jadi peran serta masyarakat dalam menggerakan roda ekonomi dan menentukan masa depan Indonesia.

Tentunya masih banyak yang harus Anda pelajari, dan semuanya sudah kami rumuskan secara singkat untuk Anda di  Astronacci yang tentunya dapat Anda akses secara gratis, kapanpun dan dimanapun. Jika masih ada beberapa pertanyaan yang ingin Anda sampaikan kepada saya, Anda dapat langsung menghubungi saya di link yang ada dibawah. Jangan lupa untuk terus melanjutkan pembelajaran Anda untuk kedepannya.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami