MAU JADI TRADER SUKSES? COBA LAKUKAN CARA SET TRADING PLAN YANG BENAR INI DULU

Written by Caroline, CWM, March 08, 2023

Sama halnya dengan investasi lainnya, sebelum memulai berkecimpung perlu membuat perencanaan terbaik supaya cuan yang masuk kantong lebih banyak. Begitu juga ketika ingin jadi trader, perlu membuat rencana dengan cara set trading plan yang benar. Penasaran bagaimana caranya?

Dalam dunia transaksi saham atau trading, kekuatan finansial dan mental untuk jatuh bangun saat berinvestasi sangat dibutuhkan. Alasan utamanya adalah karena pergerakan harga instrumennya sangat dinamis. Berikut ini prosedur terbaik untuk membuat sebuah rencana trading. Simak sampai tuntas ya!

8 Cara Set Trading Plan yang Benar

Tidak sulit untuk membuat sebuah rencana investasi saham, dengan lima cara berikut ini seorang trader memiliki peluang besar mendapatkan cuan fantastis. Asalkan terus belajar soal saham, teknik-teknik analisis yang diperlukan, dan selalu update informasi trading secara kontinu.

1.Berapa Lama Jangka Waktu Investasi?

Hal pertama yang perlu ditentukan adalah investasi saham tersebut untuk jangka pendek atau jangka panjang. Untuk pemula memang disarankan untuk memilih jangka pendek mingguan saja pada awal investasi, supaya bisa lebih mudah membuat strategi dan analisis yang dipakai.

2.Berapa Modal di Kantong?

Sebenarnya saat ini untuk memulai investasi saham sangat mudah, modal yang dipakai bisa sangat minim misalnya Rp.100.000 saja. Tapi, kalau mau memulai dan merasakan cuan dalam waktu singkat maka sangat disarankan modal tersedia sekitar Rp.1 juta terlebih dahulu.

Alokasi modal tersebut juga perlu dibagi untuk beberapa emiten yang jelas kualitasnya, sehingga para trader bisa meminimalisir rugi saat jangka waktu yang ditargetkan sudah selesai.

3.Pelajari Saham dengan Indeks Mumpuni

Saat ini sangat banyak emiten yang tersedia di bursa saham, kalau tidak belajar tentang saham secara maksimal maka kemungkinan memilih emiten salah akan sangat besar.

Salah satu cara belajar efektif adalah berguru pada ahli, banyak e-book yang memberikan informasi cara belajar saham. Salah satunya bisa dililih melalui astronaccishop.com.

Cari beberapa portofolio emiten kompeten, misalnya dari perusahaan perbankan yang memang sudah jelas harga sahamnya dan bagaimana indeks sahamnya dalam jangka waktu tertentu. Bisa juga dengan memilih perusahaan BUMN, atau farmasi yang ada di Indonesia. Tentunya berbekal portofolio masing-masing yang sudah dipelajari trader.

4.Apa Indikator yang Dipakai dalam Analisis Teknikal

Melakukan analisis teknikal adalah persiapan selanjutnya, analisis tersebut akan membutuhkan berbagai indikator pendukung. Nah, pahami indikator tersebut dan lihat kesesuaiannya dengan investasi yang dilakukan. Beda indikator akan beda pula informasi penting yang muncul pada analisis teknikal. Ada indikator Relative Strength Index (RSI). Stochastic Oscillator, Moving Average Convergence Divergence dan masih banyak lagi.

5.Siap dengan Target-Target Resiko

Setiap investasi akan memiliki resikonya nya masing-masing ,para trader harus siap dengan resiko rugi. Biasanya target minim resiko adalah nilai saham turun 2% dari saat pertama buying. Jadi, cara set trading plan yang benar selanjutnya adalah lakukan take profit sebelum nilai resiko melebihi target tersebut untuk meminimalisir cash loss.

6.Berapa Limit Transaksi Saham

        Trader harus sudah punya perencanaan soal berapa harga saham yang akan dijual nantinya, jika memang mengambil resiko cash loss.

Sebagai contoh, satu lembar saham dibeli dengan harga Rp.1.500, dengan limit harga jual yang dibuat Rp.2.500. Kemudian terjadi kenaikan harga saham tersebut dalam dua hari menjadi mendekati Rp.2.500/lembar. Dengan begitu trader bisa mengamati untuk beberapa hari lagi, ketika harga jual sudal Rp.2.500 maka take profit bisa dilakukan.

7.Konsisten

Konsisten dalam berinvestasi juga menjadi kunci sukses seorang trader, jangan mudah menyerah di tengah jalan hanya karena harga saham yang tak kunjung naik sesuai target.

8.Evaluasi

Buatlah evaluasi investasi yang dilakukan, sebagai bahan pertimbangan ketika akan melanjutkan investasi untuk jangka waktu berikutnya.

Sudah siap menjadi trader sukses? Menerapkan cara set trading plan yang benar akan menjadi kunci kesuksesan tersebut. Yang penting siap dengan berbagai rencana dan siap pula menerima resiko seminimal mungkin.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com

Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail

CALL atau Whatsapp saya ke +62877 897 00064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami