MAU MULAI INVESTASI? EVALUASI DULU, BARU MEMULAI!

Written by Gita Indra, July 12, 2020

Mengevaluasi intrumen investasi tentunya tidak semudah yang kita bayangkan. Selain karena hal ini adalah salah satu hal yang krusial. Ya, yang saya maksud krusial disini adalah ketika anda mengambil keputusan untuk menanamkan modal yang anda miliki kepada 1 intrumen, mencabutnya (menariknya) tentunya tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Karena tentunya banyak hal yang harus Anda lakukan, ambil contoh ketika anda melakukan investasi pada  bank, katakanlah anda deposito dengan jumlah 1 milliar. Setelah dua atau tiga minggu, Anda ingin mengambil uang Anda karena ada peluang bisnis yang menjanjikan, apakah bisa secepat itu? Tentu tidak, karena Anda harus memenuhi kontrak deposito yang sudah anda tandatangani sebelumnya. Berikut ini saya akan mencoba untuk menuliskan bagaimana cara Anda untuk mengevaluasi intrumen yang cocok untuk Anda. Mulai dari berapa besar dana tunai yang Anda miliki, berapa persen yang cocok untuk Anda investasikan, berapa besar kebutuhan Anda beserta keluarga, dan lain sebagainya. Serta tips-tips yang berguna dalam menilai dan memilih intrumen investasi yang tepat untuk Anda.

Mengevaluasi Instrument Investasi

  • Hitung Berapa Dana & Aset yang Dimiliki

    Step pertama dari mengevaluasi intrumen investasi yang tepat adalah mengkalkulasikan dana serta asset yang dimiliki. Karena hal ini akan memberikan pandangan yang objektif serta terukur tentang berapa dana yang harusnya Anda investasikan, berapa dana yang harusnya masuk ke tabungan, serta berapa dana yang harus masuk ke simpanan untuk keadaan darurat.
     
  • Evaluasi Berapa Besar Kebutuhan Anda dengan Menggunakan Dana Tunai

    Dana tunai yang saya maksud disini adalah dana yang seharusnya digunakan untuk keperluan sehari-hari dan dana darurat. Target tujuan jangka panjang, seperti dana pensiun, dana pendidikan (>5 tahun) tidak menggunakan dana tunai atau tabungan karena pasti tidak akan berhasil.

Setelah menjalankan cara-cara tersebut, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah Anda perlu segera melakukan investasi. Uang yang tidak terpakai untuk kebutuhan dipertimbangkan untuk masuk ke investasi. Salah satu contoh investasi yang bisa diambil adalah reksa dana & saham.

Pilihlah Instrumen Investasi yang Lebih Baik dan Tepat

Menabung memang bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk investasi. Namun sayangnya, bunga yang diberikan masih terbilang rendah. Alangkah lebih bijak jika Anda ingin merencanakan pembiayaan untuk jangka panjang, menghindari menyimpan uang dalam bentuk tabungan. Sebab ada pilihan instrumen yang lebih baik dan tepat untuk rencana keuangan Anda. Beberapa poin dibawah ini adalah ciri-ciri investasi yang baik dan tepat.

  • Likuid

    Poin yang pertama adalah likuid atau tidaknya instrument investasi yang akan anda pilih. Likuid disini berarti apakah investasi Anda itu dapat dicairkan dalam waktu yang relatif cepat. Contohnya Jika Anda berinvestasi di bidang property, apakah nanti ketika anda ingin menjual property anda akan cepat yang membeli? Tentunya hal ini bergantung kepada pemilihan lokasi yang strategis untuk property Anda
     
  • Prospek

    Poin yang kedua adalah prospeknya dalam jangka Panjang. Apakah intrumen investasi yang Anda pilih itu memiliki prospek yang bagus dalam jangka Panjang? Apakah hanya dalam jangka menengah saja? Atau mungkin Anda tidak telalu memikirkan hal ini? Tokoh investor saham Indonesia, Lo Kheng Hong sukses karena dia memperhatikan poin kedua ini, PROSPEK. Beliau adalah tokoh yang sangat anti terhadap investasi dollar karena investor akan mengharapkan kondisi ekonomi yang jelek agar harga dollar naik. Beliau dalam memilih saham-sahamnya pun selalu meniali apakah perusahaan yang dia pilih produknya akan laku di masa depan? Apakah CEO atau direkturnya memiliki penerus dan pribadi yang baik? Apakah Perusahaan itu bergerak di bidang yang tidak melanggar nilai & norma?
     
  • Keamanan

    Last but not least, keamanan dana kita di instrument investasi yang kita ambil. Tentunya banyak pertanyaan yang berbeda tapi intinya sama, “apakah dana saya aman disini?”. Nah untuk menjawab pertanyaan ini tentu Anda harus meriset serta membuktikan faktor keamanan diamanapun Anda berinvestasi. Contohnya di bidang saham dan pasar modal, sebagai seorang Trading Advisor di Astronacci International saya terus menyarankan investasi di bidang ini. Para trader dan investor pemula tentu banyak yang meragukan bisnis yang saya tawarkan ini. Karena itulah saya juga selalu memberikan sugesti agar mereka membuktikannya dengan cara terjun langsung ke pasar modal melalui broker, tapi dengan dana yang kecil terlebih dahulu. Toh ketika mereka sudah paham dan mengetahui system yang ada di pasar saham Indonesia tentu mereka akan tertarik untuk invest dengan jumlah yang lebih besar.

Tentunya, banyak sekali intrumen investasi yang siap ditawarkan oleh masyarakat Indonesia dewasa ini. Mulai dari yang menjanjikan income berlipat2 ganda, hingga yang sedang2 saja. Bagaimana kita sebagai pemula mengetahui investasi apa yang tepat? Tentunya kita ingin lebih cerdas lagi dalam memilih dan menentukan instrumen investasi yang tepat dan mumpuni.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pemilihan dan Evaluasi Intrumen Investasi dewasa ini memang sangatlah penting, jadi jangan ragu lagi untuk memulai belajar dari sekarang!
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau Whatsapp dan cari INDRA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami