MAU SUKSES JADI INVESTOR? PAHAMI DULU PRINSIP DASARNYA

Written by Karlina, January 01, 2021

Investasi saham adalah kegiatan investasi dalam bentuk penyertaan modal sebagai bukti kepemilikan atas suatu perusahaan yang telah listing di Bursa Efek Indonesia. Karena investasi saham menunjukan bahwa kamu telah memiliki hak kepemilikan atas sebuah perusahaaan maka kamu juga berhak untuk mendapatkan keuntungan berupa deviden atas profit yang diraih oleh perusahaan. 

Lalu, Bagaimana Prinsip Dasar Mengenai Investasi Saham? Yuk Coba Kita Pelajari 

Pahami Perbedaan Analisa Teknikal & Fundamental Saham


Analisis Fundamental adalah teknik analisa yang umumnya digunakan oleh investor untuk membantu keputusan jual beli saham. Artikel ini akan membahas tentang Analisis Fundamental dengan cukup menyeluruh.
Mulai dari definisi, fungsi, dan berbagai teknik analisis yang digunakan untuk mencari saham terbaik untuk investasi. Dengan membaca artikel ini, Anda memahami tentang penggunaan Analisis Fundamental secara umum.

Analisa Teknikal adalah sebuah metode estimasi pergerakan harga dengan melihat data historis di pasar. Data harga adalah jenis data yang paling banyak digunakan dalam proses analisa, walaupun ada beberapa jenis data lain yang juga digunakan dalam proses analisa seperti volume dan open interest dalam kontrak futures.

Pahami Tentang Kapitalisasi Saham Suatu Perusahaan 


Kapitalisasi pasar bisa memberikan informasi terkait seberapa tinggi volatilitas harga saham, seberapa besar kepemilikan publik di emiten tersebut, serta potensi perusahaan ke depan. Misalnya, perusahan berkapitalisasi besar dan super besar cenderung memiliki aliran penerimaan lebih stabil dan volatilitas lebih rendah. Perusahaan mid-cap dan small-cap, di sisi lain, bisa jadi hanya melayani satu segmen pasar saja dan karenanya mengalami lebih banyak fluktuasi dalam hal harga saham dan pendapatan. Tentu saja, kita belum bisa mengambil keputusan hanya dari langkah pertama ini saja. Ini baru langkah pertama bagi penyelidikan lebih lanjut. 

Jangan Pernah Emosi dalam Melaksanakan Aktivitas Trading


Mengendalikan emosi saat trading menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh para trader forex. Dimana, ketika emosi sudah menyelimuti seorang trader akan sulit bagi dirinya untuk kontrol maka akan berpengaruh pada proses trading yang dilakukan.
Jika Anda tidak bisa fokus pada saat trading maka kemungkinan memperoleh keuntungan atau profit juga semakin kecil. 

Pemahaman akan cara mengendalikan emosi yang harusnya dilakukan oleh para trader itu sendiri saat mereka menghadapi kejadian loss dan profit. Dimana, ketika mereka mengalami loss maka harus tau bagaimana cara mengendalikan emosi agar tidak marah secara berlebihan. Begitu juga saat mereka mengalami yang namanya profit agar tetap konsisten dan tidak menjadi serakah karena emosi yang tidak terkendali.

Pahami Dasar-Dasar Investasi Saham 


Salah satu pendekatan dasar investasi saham terbaik untuk dipelajari adalah filosofi Warren Buffett tentang menjadi seorang investor. Warren Buffett tidak sekedar berkoar-koar membual tentang prinsip-prinsip investasinya, melainkan menjalankan prinsip-prinsip tersebut setiap hari. Jika pengetahuan terkait dasar-dasar investasi pasar saham Anda masih terbatas, maka jangan ragu untuk membeli buku-buku untuk pemula yang ditulis oleh investor-investor terkemuka seperti Warren Buffett. Buku-buku tersebut umumnya berisi strategi dan tips bagaimana menaklukkan pasar saham dengan membuat keputusan cerdas di saat yang tepat. 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari KARLINA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami