MEMAHAMI TEORI DALAM KESUKSESAN TRADING

Written by Anthonius Edyson, CWM, CTA, November 17, 2020

Sering kali orang akan semakin bingung dengan apa yang ia pelajari. Semakin banyak yang dia tahu, semakin tidak dia mengerti apa yang harus dilakukan. Semakin Anda belajar, tentu semakin banyak yang Anda tahu. Tapi yang selama ini terjadi, semakin Anda tahu banyak, Anda malah membuat dana di akun Anda menjadi berkurang dan merugi. Berarti dari pembelajaran yang Anda gunakan masih ada kesalahan yang membuat akun tidak bisa berkembang. Mengapa bisa seperti itu?

Banyak Teori
Kadang apa yang Anda pelajari hanya terfokus dari seberapa banyak teori yang Anda gunakan. Mempelajari tapi hanya dihafal dan terfokus pada teori tersebut. Contohnya, waktu Anda mempelajari candlestick atau pattern, di situ terdapat informasi mengenai hanging man, harami, bullish engulfment, doji, dan sebagainya.

Ketika Anda menghadapi market sesungguhnya, biasanya apa yang Anda pelajari akan diingat dan mencoba untuk menyamakan teori dengan yang ada di chart saat ini. Begitu ada persamaan sedikit, Anda akan menyimpulkan bahwa harga akan langsung naik lalu buy atau turun lalu sell.

Perlu diingat, janganlah terikat pada teori-teori teknikal maupun fundamental saja, tapi terapkan dan pahami teori yang merupakan hal yang sebenarnya harus Anda jalankan. Untuk bisa memahami teori yang dipelajari, gunakanlah beberapa yang umum ada di pasar, fokuskan pada pasar, dan lihatlah sesuai dengan harga yang mendasarinya.

Tindakan
Punya sedikit teori tapi Anda gunakan untuk analisa dan memprediksi harga, akan jauh lebih sukses membuat akun berkembang ketimbang memiliki banyak teori tapi tidak digunakan. Sebagai contoh ada orang yang belajar teknik dan strategi yang jitu, setelah berselang beberapa waktu ternyata ada kendala yang membuat orang tersebut tidak menggunakannya lagi. Setelah bertahun-tahun lamanya teknik yang tidak terasah akhirnya hilang dan musnah. Suatu ketika ada orang yang sukses menggunakan teknik tersebut, dan ia tanya bagaimana bisa menggunakan teknik itu padahal waktu belajar dahulu ada banyak rintangan dan hambatan yang selalu ada.

Setelah dijelaskan, orang sukses tersebut hanya mempelajari teknik dan menggunakannya terus menerus sampai saat ini. Hanya teknik itu saja yang orang sukses itu bisa, hanya cara itu saja yang dipunyai oleh orang sukses tersebut, sehingga ia menjadi sukses sampai saat ini berkat pemahaman yang dipelajari tanpa terlintas rintangan oleh banyaknya teori-teori yang ada disekelilingnya.

Untuk bisa menjadi berhasil bukan untuk mempelajari sebanyak teori yang ada, namun melakukan dari teori sedikit yang Anda pelajari. Bagi pemula atau yang masih belajar berbanggalah karena forex tidak membutuhkan teori-teori yang sangat banyak untuk bisa sukses, melainkan memanfaatkan apa yang Anda punya sedikit untuk digunakan transaksi.

Jadi, keberhasilan seseorang dalam mempelajari analisa teknik dan analisa fundamental bukan ditentukan dari banyaknya teori yang dihafal. Bukan pula dari seberapa banyak yang sudah Anda ingat. Melainkan seberapa mampu Anda menerapkan apa yang telah Anda pelajari pada semua keputusan transaksi trading Anda.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami