MENENTUKAN PERGERAKAN MARKET DENGAN CANDLESTICK

Written by Geraldo Kofit, October 20, 2020

Candlestick umumnya digunakan untuk trading jangka pendek, sehingga lebih cocok digunakan oleh trader. Salah satu keunggulan candlestick ini adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan mudah. Memahami pola candlestick tidak hanya sekedar mengingat dan mengenali formasi candlestick di tampilan grafik harga saja tapi juga harus mengetahui arah pergerakan candlestik dengan cermat agar trading anda tetap terhindar dari rasa waswas. Banyak trader yang menggunakan candlestick chart untuk menunjukkan harga. Karena secara visual grafik candlestick mudah dipahami dan informasi yang disajikan dalam setiap candlestick juga cukup lengkap termasuk harga pembukaan, harga terendah, harga tertinggi dan harga penutupan.

Candlestick umumnya digunakan untuk trading jangka pendek, sehingga lebih cocok digunakan oleh trader. Salah satu keunggulan candlestick ini adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan mudah. Memahami pola candlestick tidak hanya sekedar mengingat dan mengenali formasi candlestick di tampilan grafik harga saja tapi juga harus mengetahui arah pergerakan candlestik dengan cermat agar trading anda tetap terhindar dari rasa waswas

Nah, Untuk Menentukan Arah atau Bentuk Candlestick Di Dalam Chart, Ada 5 Hal yang Perlu Dicermati Mengenai Pergerakan Candlestick :

Perang Pada bullish dan Bearish 

Waktu harga menguasai market, candle dapat bergerak ke arah yang sama. Semisal pembeli menguasai pasar maka candle dapat bergerak bullish. Sepanjang tidak ada pertarungan dari penjual maka bentuk candle dapat mengikuti dari candle disebelumnya. Sesudah lebih dari satu trader merasa bahwasanya pasar telah terlampau tinggi atau, maka penjual dapat melawan. Peristiwa ini dimaksud dengan perbuatan profit taking.

Pertarungan antara pembeli dan penjual yang ditunjukkan dari ekor candlestick. Seandainya perang dengan tekanan semakin besar dari dominasi yang terjadi dapat berpotensi membuat pemenang menguasai pasar serta keadaan ini dapat mengubah arah trend atau trend reversal. Dengan kata lain, kita sanggup mengidentifikasi bahwasanya candlestick selanjutnya dapat beralih arah.

Ada 2 Kunci yang Bisa Anda Terapkan Sehubungan Candlestick Pada Arah Pergerakan Trend:

Apabila sumbu candle berada di bawah, maka harga memiliki kecenderungan untuk berbalik arah menuju ke atas (Bullish Reversal).
Sebaliknya jika sumbu candle berada di atas, maka harga memiliki kecenderungan untuk berbalik arah menjadi turun (Bearish Reversal).
Candlestick Bergerak Cepat 

Seandainya body candlestick semakin besar dari body candlestick sebelumnya maka hal tersebut dapat terlihat dari antusiasme market. Jadi misalnya pada saat banyak trader futures yang open posisi, kekuatan ini yang di cari dalam pasar dengan arah trend yang kuat. Bahkan juga misalnya ada perlawanan, dalam keadaan ini kita sanggup memperkirakan candlestick selanjutnya dapat semakin besar dengan arah trend yang sama dari candlestick dengan trend sebelumnya.

Candlestick Bergerak Lambat 

Perlambatan candlestick merupakan kebalikan dari antusiasme, ada kesangsian dari banyak trader untuk open posisi perdagangan dapat membuat pasar sedikit bergerak lambat. Ragu-ragu ini keluar lantaran banyak trader memikirkan bahwasanya trend pasar telah terlampau tinggi, terlampau rendah, atau mungkin tertahan di support serta resistance. Seandainya tidak ada trader yang buka posisi perdagangan, dapat membuat pasar bergerak lambat lantaran tidak mempunyai kekuatan.

Candlestick Berbalik Arah 

Dalam keadaan ini, terdapat beberapa trader yang berusaha untuk mengakhiri trend serta mereka mau merubah arah trend. Tetapi usaha ini diawali dengan tes market. Mereka dapat men-tes market untuk benar-benar sanggup merubah arah trend atau tidak. Usaha ini ditandai dengan candlestick panjang ke arah trend berlawanan. Kondisi ini berjalan sebelum saat trend di pasar atas, candlestick seperti akan membangun suatu candle dalam arah trend berlawanan akan tetapi pada akhir periode harga pasar akan menarik kembali serta dekat ke arah trend pasar. Usaha ini memberikan indikasi bahwa market dapat berbalik arah. Dalam keadaan ini kita bersiap diri untuk membuka posisi perdagangan dalam arah yang berlawanan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami