MENGAPA SAHAM BLUECHIP SELALU DIREBUTKAN? YUK CARI TAHU

Written by Ardian Noviarsi, December 31, 2021

Saham blue chip adalah jenis saham dari perusahaan dengan kondisi keuangan prima, serta beroperasi selama bertahun lamanya. Di Indonesia, saham-saham yang masuk dalam kategori blue chip berada pada daftar indeks LQ45. LQ45 adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik. Indeks LQ45 menggunakan 45 emiten yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar, dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

Ada kriteria umum suatu saham layak disebut blue chip. Kriteria ini juga menjadi alasan kenapa investor memperebutkan saham blue chip. Berikut di antaranya:

  • Kapitalisasi Pasar yang Besar

    Perusahaan dengan kategori blue chip umumnya mempunya reputasi yang baik dan sehat secara finansial yang bisa dilihat dari laporan keuangannya. Saham blue chip juga bisa dibilang mapan karena memiliki kapitalisasi pasar yang besar, yakni di atas Rp 40 triliun. Unilever Indonesia Tbk misalnya, memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 329,23 Triliun. Sementara BBCA senilai Rp 774,17 Triliun. Dilihat dari kapitalisasi pasarnya, bisa disimpulkan bahwa perusahaan dengan kategori saham blue chip adalah perusahaan yang besar.
     
  • Market Leader di Sektornya

    Umumnya perusahaan bersaham blue chip merupakan market leader di sektornya. Mereka adalah pemimpin pasar atau salah satu di antara tiga perusahaan teratas di sektornya. Saham blue chip biasanya juga bergerak di industri yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
     
  • Sering Membagikan Deviden

    Salah satu alasan investor memilih mengelola uangnya lewat saham adalah karena pembagian devidennya yang menggiurkan. Nah, saham bluechip biasanya rutin membagikan deviden, meski bukan menjadi syarat mutlak. BBRI misalnya, rutin membagikan deviden saham setiap tahun sejak 2014. Pada Juni 2019, BBRI membagikan deviden senilai Rp 132,18 per lembar saham.
     
  • Tahan Badai di Tengah Krisis

    Rata-rata perusahaan blue chip selamat dari tantangan dan siklus pasar. Karena tingkat likuiditas yang tinggi, saham blue chip juga dianggap sebagai investasi yang aman. Tapi bukan berarti saham blue chip seratus persen bebas risiko. Pada 2011, PT Aqua Golden Mississippi mengalami berbagai kasus sehingga perusahaan tersebut harus mengalami delisting dari bursa. Padahal pada tahun sebelumnya PT Aqua Golden Mississippi merupakan saham yang sangat diminati investor karena merupakan penggagas air mineral dalam kemasan pertama di Indonesia.

Setelah mengetahui berbagai keunggulan saham blue chip, Anda tentu ingin memilikinya untuk portofolio Anda. Namun jangan terburu-buru dulu. Sebaiknya investor tidak menjadikan saham blue chip sebagai satu-satunya instrumen investasi dalam portofolio Anda. Tetap aplikasikan prinsip diversifikasi demi mengurangi tingkat risiko. Portofolio yang terdiversifikasi biasanya berisi beberapa alokasi untuk obligasi dan uang tunai. Dalam alokasi portofolio untuk saham, seorang investor harus mempertimbangkan untuk memiliki saham mid-cap dan small-cap, yakni saham dengan kapitalisasi pasar menengah dan kecil. Sesuaikan komposisi portoflio investasi Anda sesuai dengan profil risiko masing-masing. 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari ARDIAN silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami