MENGENAL 3 KARAKTERISTIK UTAMA FUTURES

Written by Raka Rosadhi, November 18, 2020

Futures Market atau Pasar Berjangka merupakan tempat memperjual belikan nilai kontrak dari sejumlah komoditas (Gold, Oil, dsb) dan instrument keuangan (forex) dengan harga tertentu. Kontrak tersebut dibuat antara pihak-pihak yang saling tidak tahu lawan transaksinya. Kontrak ini bersifat mengikat pada saat terjadinya kesepakatan antara pembeli dan penjual meskipun mereka saling tidak tahu lawan transaksinya.

 

Di Futures Market ini, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan jualnya. Misalnya Anda membeli komoditas Gold di harga 1248.00 lalu menjual pada saat harga berada di 1327.00, selisih dari harga tersebutlah yang menjadi keuntungan kita. Hal tersebut yang selanjutnya akan disebut Trading Futures. Anda pasti sudah mendapatkan gambaran kalau futures trading ini merupakan aktivitas jual-beli yang bersifat derivatif dan menggunakan sistem margin trading. Lalu bagaimana kita melakukan aktivitas jual beli atau trading di pasar berjangka?

Untuk menjadi Traders di Futures Market, kita membutuhkan yang namanya Broker. Broker disini berfungsi menyampaikan atau melemparkan order yang Anda ambil ke pasar berjangka, analoginya sebagai jembatan penghubung antara si trader dan market. Lalu, apa saja kelebihan melakukan jual beli di Futures Market?

1. Sangat Fleksibel



Para traders di Futures Market cenderung memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi, karena market disini bergerak selama 24 jam selama 5 hari (Senin sampai Jumat). Sehingga traders bisa melakukan transaksi kapan dan dimana saja selama traders memiliki koneksi internet. Sehingga banyak yang menjadikan trading ini bisnis sampingan yang tidak jarang keuntungannya melebihi bisnis utama. 
 

2. High Risk - High Return



Pergerakan harga di Futures Market ini sangatlah cepat (volatile), sehingga bisnis ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Tetapi yang perlu diingat, Futures Market tidak hanya memberikan janji untuk memberikan Anda keuntungan yang maksimal tetapi market juga akan menguras uang anda hingga habis jika Anda tidak memiliki pengetahuan apapun tentang bagaimana cara trading yang benar.
 

3. Platform Trading yang Seragam



Platform yang digunakan adalah MetaTrader 4, 95% broker saat ini merekomendasi platform ini untuk para clientnya. Asyiknya, MetaTrader 4 ini gratis dan sudah tersedia banyak sekali indikator yang bisa membantu trading Anda sehingga bisa Profit secara maksimal. Anda bisa mendownloadnya dengan mudah di Play Store dan App Store untuk gadget Anda dan untuk Laptop atau PC, Anda bisa download disini.

Nah itulah penjelasan tentang Futures Market, banyak lagi hal yang tentunya wajib dipelajari untuk bisa sukses di dunia trading. Jangan pernah lelah untuk membaca dan belajar, karena satu-satunya cara Anda bisa sukses dan mandiri di dunia Trading ini Anda harus terus belajar dan berlatih.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Saran saya sebagai Senior Trading Advisor jika Anda ingin bertrading di Futures Market, pastikan Anda memiliki pengetahuan dasar yang mumpuni sehingga Anda bisa lebih memahami bagaimana bisnis ini bergerak. Anda ingin memiliki pengetahuan lebih mengenai Futures Market? Saya akan memberikan konsultasi gratis, mau? Share artikel ini ke temanmu dan hubungi cari Raka Rosadhi di +62 8788.42.50.484

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami