MENGENAL 5 PRODUK INVESTASI YANG HITS MASA KINI ALA MILENIAL

Written by Hanna Dalimunthe, July 24, 2023

Beberapa pilihan investasi sangat banyak jenisnya dan bisa jadi gambaran serta jadi bahan pertimbangan. Anda bisa mempertimbangkan berbagai keuntungan dan juga kerugian di dalamnya sebagai acuan dalam memilih jenis investasi mana yang paling tepat untuk dipilih.

Reksa Dana


Reksa Dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka. Reksa Dana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Selain itu Reksa Dana juga diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Mengacu kepada Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995, pasal 1 ayat (27) didefinisikan bahwa Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. 

Ada 3 Hal Penting yang Terkait Reksa Dana adalah

  • Adanya dana dari masyarakat pemodal
  • Dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio efek
  • Dana tersebut dikelola oleh manajer investasi.

Obligasi


Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi, beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya kepada pemegang Obligasi sesuai dengan syarat-syarat yang telah disetujui pada waktu pembelian surat utang.

UU No. 24 thn 2002, Surat Utang Negara adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang dalam mata uang rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlakunya.

Deposito


Pengertian deposito adalah sebuah produk simpanan sejenis investasi sederhana dari bank yang menjanjikan suku bunga tetap dengan jangka waktu tertentu. Sebagai ganti dari tingkat bunga yang tinggi, dalam jangka waktu tersebut pemilik deposito sepakat untuk tidak menarik atau mengakses uangnya yang didepositokan.

Selain berfungsi sebagai tabungan berjangka, manfaat lain dari deposito yaitu sebagai salah satu produk investasi yang paling menguntungkan. Produk investasi berupa deposito memiliki rerata keuntungan yang relatif stabil dibanding produk lainnya seperti saham, emas dan obligasi pemerintah. 

Saham


Saham merupakan bukti kepemilikan Anda di dalam sebuah perusahaan. Di mana Anda ikut serta menanamkan sejumlah modal di dalamnya. Sebagai hasil dari investasi tersebut, Anda akan mendapatkan sejumlah pembagian hasil (dividen) secara berkala. Anda bisa membeli atau menjual saham di perusahaan sekuritas dan Anda akan dikenakan sejumlah biaya atas tindakan tersebut

Keunggulan Investasi Saham

  • Tidak ada batasan modal minimal. 
  • Cocok untuk siapa saja.
  • Return yang Paling Tinggi. 
  • Liquiditas Tinggi. 
  • Fee Transaksi Rendah 

Investasi Properti


Sebagai salah satu pilihan investasi paling populer di Indonesia, investasi properti mempunyai banyak manfaat yang perlu Anda ketahui. Berbeda dengan produk investasi lainnya, investasi properti membutuhkan dana atau biaya yang tidak sedikit. Meskipun modal yang dibutuhkan besar, investasi properti tetap dipertimbangkan karena sangat menguntungkan.

Keuntungan Investasi Properti

  • Harga properti terus meningkat
  • Bisa dilihat secara fisik
  • Instrumen investasi jangka panjang

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami