MENGENAL ANALISA BANDARMOLOGI BURSA SAHAM INDONESIA

Written by Karlina, January 14, 2022

Istilah bandar yang dihubungkan dengan dunia investasi memang sangat populer di bursa kita. Ini adalah fenomena yang terjadi di bursa kita. Ya, anggap saja ada sosok seperti itu di pasar. Analisis Bandarmologi juga merupakan analisa yang digunakan para pelaku pasar dengan melihat pergerakan bandar saham untuk mengetahui pergerakan saham dalam waktu dekat. Analisa yang fokus membaca pergerakan para Big Player yang memiliki kekuatan menggerakan harga saham yang mereka kuasai seperti MARKET (Pasar Modal) yang  merupakan tempat bertarungnya big player dengan small player, masing-masing pihak memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing, dan keduanya saling membutuhkan, karena setiap ada yang beli harus selalu ada yang jual.

Menganalisa Bandarmologi dengan Analisa Fundamental


Analogi menganalisa pergerakan Bandar menggunakan analisa fundamental kurang lebih seperti kita mengatakan setiap kali ada buah Mangga yang manis, itu artinya Bandar Mangga akan membeli buah tersebut. Artinya fokus kita dalam membaca pergerakan Bandar Buah Mangga adalah dengan menganalisa kualitas dari mangga tersebut.

Banyak kasus yang sama terjadi di saham-saham Konstruksi BUMN dalam beberapa tahun terakhir, dimana terlepas dari baiknya fundamental dan kinerja keuangan perusahaan, harganya tetap saja turun. Setelah kita menyadari bahwa analisa fundamental bukanlah analisa yang dapat kita gunakan untuk menganalisa pergerakan Big Player, kita akan menyadari bahwa ada cara yang jauh lebih efektif untuk membaca pergerakan Bandar, daripada kita fokus menganalisa kualitas mangga.

Mengendalikan Pergerakan Harga Saham


Satu hal yang pasti dapat dilakukan oleh bandar saham, yaitu menggerakkan harga saham! Dengan memonopoli supply, dan bergerak dalam satu komando, menggerakkan harga bukanlah hal yang sulit. Bandar saham pun bisa menggunakan sepuluh broker atau lebih untuk menyamarkan aksinya dalam mengendalikan harga. Kesepuluh broker tersebut juga dapat dikoordinasi untuk bertransaksi di hari yang berbeda.

Tentunya proses menggerakkan harga ini pun bisa lebih mudah bila bandar pun telah berhasil mengarahkan persepsi investor ritel akan saham yang dibandarinya. Karena itu media seperti rumor dan stockpick, bahkan berita sering dilontarkan oleh bandar untuk menggerakkan ritel sesuai keinginannya.

Analisa Pergerakan  Big Player


Menganalisa pergerakan harga saham dengan fokus menganalisa proses jual beli dari saham yang bersangkutan bukanlah analisa yang baru, analisa ini sudah dilakukan oleh Charles H. Dow  (Founder dari Dow Jones) sejak tahun 1851, teori yang beliau buat kita kenal sebagai Dow Theory. 

Dow Theory memfokuskan analisanya pada pergerakan harga dan volume perdagangan untuk memdeteksi pergerakan para Big Player atau yang  dalam theory tesebut Smart Money. Apa alasan beliau memilih menganalisa harga dan volume untuk menganalisa pergerakan big player ? Alasannya sangat sederhana, karena 160 tahun yang lalu memang tidak ada data transaksi lain yang tersedia dan dapat dianalisa selain data Harga dan Volume perdagangan. Analisa Harga dan Volume ini terus dikembangkan selama lebih dari 100 tahun dan menjadi analisa yang sekarang kita kenal sebagai Technical Analysis.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari LINA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami