MENGENAL FUNDAMENTAL TRADING SAHAM, ANALISIS YANG WAJIB DIPELAJARI PARA TRADER

Written by Caroline, CWM, June 28, 2023

Fundamental trading saham merupakan salah satu jenis analisis yang wajib dipelajari oleh seorang trader. Analisis ini sering digunakan untuk membantu trader dalam menentukan saham yang akan dibeli berdasarkan kemampuan dan kondisi pasar.

Melalui analisis fundamental, para trader dapat menurunkan risiko kerugian dengan membeli saham yang memiliki potensi keuntungan tinggi. Maka tak heran jika analisis ini sering digunakan oleh trader senior dan investor besar untuk mempertahankan asetnya.

 Apa itu Analisis Fundamental Trading Saham? 

Mempelajari cara menganalisis saham menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh semua trader. Tujuannya supaya bisa membedakan dan menentukan ketika saham pada perusahaan sedang dalam kondisi yang sehat atau justru sebaliknya.

Secara umum analisis fundamental diterapkan dengan cara mengamati dan menilai keadaan pasar berdasarkan perubahan harga. Metode dalam analisis ini akan menimbang hal-hal yang berhubungan dengan emiten saham.

Sehingga nantinya trader dapat memprediksi kondisi suatu perusahaan dan menentukan kelayakan harga beli sahamnya. Selain itu analisis ini juga bisa dimanfaatkan untuk pemeriksaan pada manajemen efektivitas.

Intinya, dalam analisis fundamental trading saham, trader bisa mendapatkan perkiraan harga yang bisa disandingkan dengan sekuritas. Hasilnya, trader mampu memberikan penilaian terhadap sekuritas yang termasuk dalam keadaan overvalued atau undervalued.

Pendekatan dalam Analisis Fundamental

Dalam periode waktu yang singkat, harga saham dapat mengalami kenaikan secara fluktuatif. Maka dari itu, dibutuhkan dua pendekatan dalam analisis fundamental untuk menentukan mana saham terbaik yang menguntungkan.

1.Top Down Approach

Melalui pendekatan top down, seorang trader dapat melihat kondisi dalam lingkup makro atau gambaran secara umum. Misalnya ketika trader pemula sedang melihat keadaan saham suatu perusahaan dari luarnya saja.

Pendekatan ini membuat trader percaya bahwa perusahaan yang kelihatannya dalam kondisi yang sehat, pasti memiliki komponen yang baik pula. Bahkan kondisi tersebut sering dianggap sebagai tolak ukur masa depan suatu perusahaan.

2.Bottom Up Approach

Berbeda dengan top down approach, pendekatan bottom up lebih berfokus pada saham perusahaan. Sehingga trader tidak perlu menganalisis keadaan pada perekonomian global. Artinya trader harus mengamati secara detail dan terperinci keadaan suatu perusahaan.

Beberapa hal dari perusahaan yang harus diamati, yaitu kondisi keuangan, faktor persaingan, dan kajian penting lainnya. Tujuannya supaya trader dapat menentukan apakah suatu perusahaan bisa memberikan keuntungan investasi dan trading atau tidak.

Keuntungan dan Tips Melakukan Analisis Fundamental

Melalui cara analisis fundamental trading saham yang tepat, seorang trader bisa mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat sekaligus. Berikut beberapa benefit yang akan didapatkan jika menerapkan jenis analisis ini dalam trading.

  • Memudahkan trader dan investor dalam membuat prediksi tren pasar di masa depan.
  • Membantu trader untuk menemukan perusahaan terbaik untuk dijadikan ladang investasi.
  • Trader dapat membedakan kondisi saham yang baik dan buruk.
  • Mencegah munculnya panik saat terjadi penurunan harga saham.

Tetapi untuk bisa mendapatkan seluruh manfaat di atas, seorang trader harus melakukan analisis yang benar. Dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini, diharapkan trader mampu membuat analisis yang akurat.

  • Memahami kondisi perusahaan yang akan dijadikan target.
  • Mempelajari laporan keuangan suatu perusahaan.
  • Memeriksa dan menghindari perusahaan yang terlilit hutang.
  • Mencari tahu tentang kompetitor perusahaan target.
  • Berinvestasi ke perusahaan dengan produk yang berdaya guna jangka panjang.
  • Selalu update dengan berita keuangan dan ekonomi.

Pelajari tentang analisis fundamental trading saham agar terhindar dari perusahaan yang memiliki potensi kerugian tinggi. Yuk temukan berbagai materi penting seputar trading lainnya yang bisa didapatkan melalui Astronacci Shop.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 877-8970-0064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami