MENGENAL IDX30 SEBAGAI INDEX DI BEI

Written by Ardian Noviarsi, December 13, 2020

Indeks IDX30 merupakan indeks yang konstituennya terdiri dari 30 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar, serta didukung oleh fundamental yang baik dan tingkat kepatuhan tinggi.

IDX30 dipilih oleh pengelola atau manajer investasi untuk mensortir LQ45 yang dirasakan terlalu banyak dan menyederhanakan pilihan untuk bertransaksi dengan kualitas saham yang lebih maksimal. Harga saham dari IDX30 Futures akan digunakan sebagai indikator transaksi jual beli saham di BEI, sebagai acuan dalam pengelolaan investasi saham unggulan yang akan menjadi benchmark atau produk pilihan terbaik dari sajian informasi harga saham terkini yang ditampilkan secara real-time di bursa saham.

Dasar pertimbangan pemilihan konstituen Indeks IDX30 adalah faktor kuantitatif yang terkait dengan nilai, frekuensi dan hari transaksi serta kapitalisasi pasar. Selain faktor-faktor yang bersifat kuantitatif tersebut, BEI juga mempertimbangkan informasi kelangsungan usaha, laporan keuangan dan pertimbangan lain, misalnya sedang diberlakukan suspensi atau tidak.

Sekadar informasi, indeks LQ45 dan IDX30 mendapatkan review sebanyak empat kali dalam satu tahun, masing-masing dua kali review mayor dan minor. Review mayor dilakukan setiap bulan Januari dan Juli untuk efektif di bulan Februari dan Agustus. Review mayor bertujuan mengevaluasi konstituen indeks dan bobot yang digunakan untuk penghitungan indeks. Sedangkan review minor pada Mei dan November dilakukan untuk mengevaluasi bobot indeks.

Berikut daftar saham penghuni IDX30 untuk periode Agustus 2020-Januari 2021.

ACES    CPIN    JPFA
ADRO    ERAA    KLBF
ANTM    EXCL    MNCN
ASII    GGRM    PGAS
BBCA    HMSP    PTBA
BBNI    ICBP    SMGR
BBRI    INCO    TLKM
BBTN    INDF    TOWR
BMRI    INKP    UNTR
BTPS    INTP    UNVR

Saat membeli saham Anda secara otomatis mengambil sebagian kepemilikan diperusahaan tempat Anda membeli saham (fisik). Untuk mengantisipasi penurunan harga saham yang Anda miliki, Anda bisa melakukan aksi jual saham yang sama pada IDX30 Futures untuk lindung nilai/hedging dan speculator dalam merespon fluktuasi harga saham dalam jangka pendek hingga jangka panjang. 30 jumlah saham pada IDX30 Futures akan dijadikan acuan portofolio di investasi saham yang ideal, efektif dan efisien dari jumlah diversifikasi aset yang akan menjadi pilihan utama untuk ditransaksikan oleh pelaku pasar. Berikut kami berikan daftar saham-saham yang termasuk di IDX30 Futures.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari ARDIAN silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami