MENGENAL INVESTASI BARU, VARIASI INVESTASI DI PASAR KEUANGAN. APA AJA YA?

Written by Hanna Dalimunthe, January 11, 2022

Memulai tahun baru, tentu menjadi banyak pilihan dalam memulai berinvestasi. Namun, sebelum memulai investasi haruslah memahami pasar keuangan itu seperti apa, bagaimana mekanisme dan juga cara memulainya. Nah, dalam artikel ini kita akan bahas seputar Investasi di pasar keuangan ada apa aja ya? Anda lebih menyukai investasi apa? Setiap calon investor pasti memiliki kriteria yang berbeda beda.

Pasar keuangan adalah mekanisme pasar yang memungkinkan bagi seorang atau korporasi untuk dengan mudah dapat melakukan transaksi penjualan dan pembelian dalam bentuk sekuritas keuangan (seperti saham dan obligasi), Dalam sekuritas komoditas dimungkinkan dapat melakukan pembelian dan penjualan awal atas produk-produk. Nah apa saja sih yang ditransaksikan di pasar uang? Dalam transaksinya, pasar uang memiliki beberapa instrument  di dalamnya yang secara umum instrumen ini hadir dalam bentuk surat berharga. Berikut adalah daftar surat berharga yang bisa diperdagangkan melalui pasar uang terdiri dari :

  1. Surat berharga pasar uang (SBPU)
  2. Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
  3. Deposito
  4. Promissory Notes
  5. Treasury Bills
  6. Banker’s Acceptance
  7. Commercial Paper
  8. Call Money

Pengertian pasar modal secara luas merupakan sebuah tempat bertemunya investor dan emiten. Investor dalam pasar modal merupakan pihak yang memiliki dana, sedangkan emiten merupakan pihak yang biasanya berasal dari badan usaha yang membutuhkan modal. Pasar modal cenderung menawarkan pendanaan jangka panjang. Untuk itu instrumen yang diperdagangkan dalam pasar modal biasanya berupa saham, obligasi, serta reksadana. Di luar itu, pasar modal juga memiliki instrumen lainnya seperti exchange traded fund (ETF) dan derivative, nah dalam perdagangan ini pun sudah mulai ramai para investor beralih ke market derivative. Namun, masih tidak lebih banyak yang berinvestasi pada pasar modal yaitu saham ataupun di obligasi serta reksadana. Dalam memulai berinvestasi, tentu setiap trader harus memiliki kesiapan dana, psikologi dan waktu. Setiap Investor memiliki karakteristik yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat risiko yang mampu dihadapinya. Oleh karena itu perlu cari tahu lebih mendalam lagi ketika mau memulai berinvestasi di pasar keuangan

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadi melalui artikel ini Anda mengetahui dapat menentukan mau memulai berinvestasi di jenis pasar keuangan apa
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari Hanna silahkan hubungi DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami