MENGENAL JENIS SUPPORT RESISTANCE UNTUK TRADING

Written by Caroline, CWM, May 24, 2023

Setiap investor dan trader pemula harus paham tentang jenis support resistance untuk trading. Pasalnya pengetahuan tersebut penting untuk menentukan acuan waktu membeli saham, sehingga bisa terhindar dari kerugian.

Jika hanya bermodalkan pengetahuan dasar dan informasi tentang perusahaan emiten, rasanya sulit untuk meraih keuntungan dalam dunia trading. Oleh sebab itu, perlu ilmu tambahan untuk memahami tentang jenis-jenis dalam support dan resistance.

Jenis Support Resistance untuk Trading Agar Cepat Untung

Sebelum melakukan trading, sebaiknya pelajar terlebih dahulu tentang konsep dan jenis dalam support resistance. Paling tidak ada empat jenis yang wajib dipahami agar pemula bisa meraih keuntungan sebesar-besarnya.

1.Swing High Swing Low

Salah satu jenis support resistance yang paling umum adalah swing high dan swing low. Keduanya termasuk dalam jenis tradisional yang mempertimbangkan kerangka waktu dalam grafik trading mingguan atau bulanan.

Dalam jenis swing high dan swing low, trading pemula dapat melihat pasar lebih luas beserta titik balik utama yang ada di dalamnya. Sehingga proses identifikasi level harga yang tinggi dan rendah dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Intinya, jenis ini berfokus pada penentuan level harga tertinggi atau terendah. Saat harga tidak berhasil sampai ke level tertinggi maka disebut sebagai swing high dan berlaku dalam kondisi resistance. Sebaliknya, harga yang tidak tembus level terendah termasuk dalam swing low atau support.

2.Dynamic Support Resistance

Dalam dynamic support resistance trading pemula akan melihat grafik yang bergerak naik dan turun. Gerakan tersebut ditentukan oleh harga dan dapat diatur dengan mempertimbangkan sejumlah bar dalam periode waktu tertentu.

Sesuai dengan namanya jenis support resistance untuk trading ini sifatnya dinamis sehingga mudah diaplikasikan untuk memeriksa kerangka waktu grafik harian. Bisa juga dimanfaatkan untuk mengidentifikasi tren pasar dengan cepat.

Trader dapat mengamati perubahan harga untuk menguji rata-rata pergerakan setelah menembus level tertinggi atau terendah. Kemudian susun strategi untuk masuk ke dalam tren pasar dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

3.Round Numbers atau Level Psikologis

Round numbers termasuk dalam jenis support resistance untuk trading saham yang dilakukan berdasarkan psikologi manusia. Hal ini berkaitan dengan angka bulat atau round numbers untuk bertindak sebagai support dan resistance.

Penentuan angka bulat sering dimanfaatkan untuk acuan dalam trading forex. Contohnya ketika trader memiliki perkiraan level di angka 1.3165 maka jumlah tersebut harus dibulatkan menjadi 13200 supaya lebih memudahkan.

Sama seperti kasus yang terjadi dalam penumpukan pending order, angka yang tertumpuk pasti berupa round numbers. Maka dari itu, saat harga berhasil menembus level angka bulat, pergerakannya menjadi semakin cepat.

4.Pivot Point

Umumnya pivot point lebih sering dipilih untuk trader harian untuk memantau pergerakan harga yang ada di pasar. Orang-orang yang memilih menggunakan jenis ini biasanya memiliki time frame yang rendah dibandingkan trader lainnya.

Penentuan pivot point akan dihitung dengan melihat level pada penutupan dan pembukaan. Walaupun lebih sering digunakan dalam basis harian, tetapi pivot mingguan juga dapat memberikan keuntungan yang besar.

Walaupun perkiraan harga dalam pivot point dapat memenuhi ekspektasi, namun akurasinya tidak lebih baik daripada kedua jenis sebelumnya. Bahkan jika terjadi lonjakan harga, pasar justru kurang terpengaruh dan mengabaikan level pivot dalam saham.

Supaya bisa lebih memahami tentang jenis support resistance untuk trading, manfaatkan layanan dari Astronacci. Para trader pemula dapat belajar tentang ilmu trading dan investasi melalui modul serta video edukasi di https://astronaccishop.com/ .

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 877-8970-0064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami