MENGENAL KELEBIHAN SERTA KEKURANGAN DARI ANALISA TEKNIKAL

Written by Karlina, April 13, 2023

Dalam dunia trading, mengenal analisa teknikal sangatlah penting sekali. Secara garis besar, analisa teknikal adalah sebuah teknik untuk membaca pergerakan pola atau harga pada pasar di masa lalu. Kemudian akan dilakukan analisa sebaik mungkin untuk bisa mengambil keputusan yang tepat. Tentu saja, analisa teknikal ini punya kelebihan dan kekurangan yang perlu untuk Anda ketahui. 

Kelebihan serta Kekurangan Analisa Teknikal yang Harus Diketahui 

Analisa teknikal memang sangat penting untuk diterapkan dalam trading. Sebagai trader memahami analisis yang satu ini sendiri sudah pasti akan membantu Anda dalam membaca kondisi pasar. Tapi, tetap saja dalam analisa teknikal terdapat kekurangan dan kelebihan yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah kekurangan dan kelebihannya: 

  • Kelebihan Analisa Teknikal

Kelebihan yang membuat analisa teknikal penting digunakan dalam trading adalah bisa digunakan di semua market. Bahkan analisa ini sendiri bisa digunakan dalam berbagai time frame, pola grafik, instrumen sampai indikator yang akan digunakan. Sehingga analisa bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan. 

Tidak hanya itu saja, analisis teknikal sendiri juga akan membantu Anda dalam memudahkan pengamatan resiko yang mungkin terjadi. Anda pun bisa dengan mudah memahami analisa teknikal ini karena memang tidak serumit analisa fundamental. 

  • Kekurangan dari Analisa Teknikal 

Sedangkan kekurangan dari analisa teknikal ini adalah dari penilaian yang terkesan sangat subjektif. Sehingga pengamatan bullish terkadang terlihat seperti bearish. Tentu saja, jika Anda tidak jeli, hal ini jelas akan membawa Anda pada resiko yang tidak terbayangkan sebelumnya. 

Menggunakan analisa teknikal juga akan membuat Anda tidak siap terhadap perubahan mendadak yang terjadi dalam pasar. Hal ini sendiri karena dalam analisa teknikal kerap memiliki pendapat bahwa pola dalam pasar trading selalu berulang. 

Dari pemahaman akan kelebihan dan kekurangan akan analisa teknikal di atas, maka Anda bisa menerapkan analisa ini dengan tepat. Karena ada kekurangan yang juga harus diperhatikan, jadi Anda bisa menggunakan analisa ini untuk digabungkan dengan analisa fundamental.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadikanlah market sebagai sahabat Anda dan juga terus menambah pengetahuan serta tips trading yang baik dari artikel saya
  • Share artikel ini ke teman Anda dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya
  • CALL atau whatsapp dan cari LINA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami