MENGENAL PELAKU PASAR DI FUTURES MARKET

Written by Indri Dwi Sapitri, November 26, 2020

Biasanya, dalam rilis data atau berita tentang futures market, baik forex,  komoditas, ataupun indexis, kerap kali muncul kata-kata "Pelaku Pasar". Sepintas kata-kata ini dapat kita pahami sebagai penjual dan pembeli di pasar tersebut, tetapi sebenarnya pelaku pasar mencakup banyak golongan yang setiap saat bisa beraktivitas menjual maupun membeli suatu aset atau nilai kontrak.

pada kesempatan ini, saya akan menjelasakan bahwa pada umumnya terdapat dua kelompok pelaku utama dalam sebuah sistem perdagangan yang kita kenal dalam pasar berjangka atau futures market, yaitu para Hedger dan Spekulator.

Hedger

Hedging dilakukan untuk mengelola risiko fluktuasi harga. Para pelaku hedging (Hedger) biasanya adalah produsen komoditas (kopi, kedelai, dan sebagainya) yang ingin berlindung dari pergerakan harga yang tidak diinginkan sembari mengambil profit sebanyak mungkin apabila harga bergerak di kisaran level yang mereka prediksi sebelumnya.

Terdapat dua tipe hedging. Pertama adalah short hedging, yaitu saat diperkirakan harga di masa depan akan lebih rendah dibanding harga saat ini. Kedua adalah long hedging, saat diperkirakan harga di masa depan akan lebih tinggi dibanding harga saat ini.

Misalnya bila seorang atau sebuah perusahaan pembuat perhiasan melakukan hedging di Silver (XAG). Seandainya emas futures saat ini diperdagangkan di kisaran level harga 15.45 dolar AS/Troy Ons dan perusahaan pembuat perhiasan tersebut merasa bahwa harga logam mulia emas akan meningkat nantinya, maka mereka bisa membeli kontrak pembelian emas futures untuk pengiriman beberapa waktu mendatang dengan harga saat ini.

Dengan cara tersebut, sebagai konsumen komoditas, perusahaan pembuat perhiasan itu akan terlindungi dari kemungkinan terhadap kenaikan harga perak dan bisa menjaga biaya bahan baku dari perubahan yang tak diinginkan.

Hedger dapat diklasifikasikan ke dalam empat tipe yaitu:

  • Produsen Komoditas

Produsen ini mencari tahu keuntungan penjualan produk mereka dan melakukan hedging terhadap penurunan tajam harga komoditas mereka.

  • Konsumen Komoditas

Kelompok ini ingin memastikan bahwa mereka sudah mendapatkan harga komoditas yang sesuai dan ingin untuk melindungi diri mereka dari kenaikan harga komoditas yang secara tiba-tiba.

  • Manager Portofolio

Pengelola dana investasi pada reksadana, pengelola dana ekuitas, dan dana pensiun dapat melakukan hedging terhadap adanya kenaikan atau penurunan harga yang mendadak di pasar. Selain itu, hedging juga dilakukan untuk melindungi seluruh portofolio investasi.

  • Hedge Fund

Ada hedge fund yang menggunakan beberapa strategi untuk memaksimalkan imbal hasil bagi investor mereka dan untuk mencapai target invetasi mereka. Partisipasi dalam futures market dapat membantu mereka untuk menyeimbangkan strategi dan manajemen risiko.

  • Spekulator

Pelaku pasar selanjutnya adalah Spekulator. Para Spekulator inilah yang menyediakan likuiditas di pasar. Atau dengan kata lain, meramaikan aktivitas jual-beli di pasar. Spekulator, meski tidak memiliki minat pada aset atau komoditas, mereka melakukan pembelian kontrak semata-mata untuk mencari keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual komoditas pada waktu yang ideal.

Selain itu, Spekulator sendiri pun bermacam-macam dan dapat dikategorikan sebagai berikut :

  • Individual Trader


Melalui penggunaan trading elektronik, kini terdapat banyak sekali trader perseroangan/trader ritel yang dengan mudahnya ikut serta dalam futures market. Selain itu, dengan adanya kemudahan dalam akses informasi, mendorong seorang trader untuk melakukan penelitian dan analis yang tepat agar dapat memperoleh profit.

  • Proprietary Trader

Institusi yang melakukan proprietary trading memberikan trader mereka dana dan suatu sistem sehingga memungkinkan untuk trading dengan strategi yang tepat.

  • Hedge Fund

Pengelola investasi ini pada dasarnya menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian menggunakannya untuk mencari profit di futures market. Aktivitasnya berpusat pada usaha untuk memberikan imbal hasil yang lebih baik kepada investor mereka dan mencari cara agar bisa mengelola risiko dengan baik. Hedge Fund biasanya bergelut dengan jumlah kontrak yang besar.

  • Market Maker

Market Maker merupakan sebutan untuk perusahaan broker/dealer yang menanggung risiko dengan memegang sejumlah kontrak futures guna memfasilitasi investor yang sewaktu-waktu ingin membeli kontrak tersebut. Market marker memperoleh profit melalui selisih harga beli dan jual pada transaksi kontrak futures.

Kehadiran futures market dapat mempermudah proses masyarakat dalam menemukan harga komoditas, melindungi masyarakat atau pembeli dari fluktuasi harga yang tidak jelas, dan membantu kelancaran operasional produsen. Selain itu, futures market (komoditas) juga memberikan peluang bagi trader yang sudah melakukan penelitian serta analisis untuk memperoleh profit dalam trading mereka. Sementara itu, pelaku futures market yang berbeda-beda dapat mendorong likuiditas dan membuat kemungkinan bagi suatu pasar untuk terus berjalan dengan transparan, terpercaya, dan pastinya efisien.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Terus belajar dan jangan menyerah, dapatkan FREE Edukasi di Live Trading School MRG Premiere, Open Accountnya disini!

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TEKNIK TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.

Buka akun Anda di MRG Premiere CALL atau whatsapp ke +62 838.96.96.96.39 cari INDRI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami