MENGENAL PERASAAN FEAR AND GREED DALAM TRADING

Written by Dewi Tiodor, December 30, 2021

 Saat kita sudah menetapkan ingin memulai trading, pasti kita juga sudah terbawa suasana dan juga perasaan. Lalu dalam perjalanan trading tidaklah mudah pasti ada saja yang terjadi seperti Profit terus bahkan bisa loss beruntun. Namun bagi seorang manusia kadang ada keinginan untuk meraup keuntungan sebanyak mungkin, namun sulit menerima resiko.

Sebelumnya kita perlu mengetahui Fear dan juga Greed. Rasa takut merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap investor, karena apabila sama sekali tidak merasakan takut, kamu jadi tidak berhati-hati dan mungkin jadi asal beli.

1. Rasa Fear (Takut)

Fear bisa timbul karena ada peristiwa yang tidak menyenangkan. Misalnya anda pernah mengalami kerugian yang sangat besar sehingga mempengaruhi psikologismu sehingga kamu takut untuk memulai lagi trading bahkan open posisi yang baru.

Fear atau rasa takut itu sangat manusiawi, apalagi bagi pemula yang ingin mulai trading pasti aka nada perasaan tersebut. Namun kita harus belajar gimana mengontrol rasa takut itu

2. Rasa Greed (Serakah)

Memiliki rasa keinginan untuk lebih banya profit bisa jadi factor pendukung untuk tujuan investasi. Namun, banyak trader yang terkecoh apabila sudah pernah cuan semakin ketagihan bahkan bisa lebih nekat entry dengan banyak posisi. Bahkan juga ada sering muncul perasaan menyesal, misalnya anda memiliki saham dan menjual dengan profit 5% saja, ternyata setelah anda jual terjadi kenaikan pada saham tersebut hingga 10%. Lalu anda pasti berpikir”Kenapa saya jual sahamnya ya, coba saya hold lebih lama maka profit yang saya dapat lebih banyak” Kemudian muncul perasaan serakah (greed)yang menginginkan lebih.

Perlu di ingat bahwa perasaan serakah bisa membawa anda sulit untuk pertahankan rencana investasi jangka panjang anda

Maka dari itu para traders perlu menyeimbangi rasa fear dan greed dalam trading. Bila sulit mengendalikannya, anda bisa kembali lagi pada trading plan yang telah anda buat pertama kali. Lakukan lah analisa kembali mengenai saham yang akan anda beli, jika anda trading di forex bisa tentukan titik entry dan exit yang tepat serta jangan lupa untuk tentukan titik target pofit dan stop loss.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari TIODOR silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami