MENGENAL PSIKOLOGIS TRADER PROFESSIONAL

Written by Indri Dwi Sapitri, November 26, 2020

Jika melihat kisah-kisah sukses para trader, tentunya kita juga ingin menjadi seperti mereka tentu sering muncul di layar komputer kita. Mungkin sebagai seorang newbie, kita pasti membayangkan menjadi seorang trader sukses yang duduk di kursi empuk dalam perusahaan dan mendapat predikat sebagai trader profesional. Tapi, tahukah Anda? Ada beberapa ciri trader profesional yang harus Anda tahu?

Sudah mencapai paragraph kedua, itu berarti Anda serius dan memiliki potensi menjadi trader profesional karena memiliki minat untuk belajar. Sekarang, yuk kita cermati beragam ciri trader profesional di bawah ini, lalu pastikan latih diri Anda agar terbiasa berpikir dan bertindak seperti trader berpengalaman.

Memiliki Mental Petarung

Trader profesional tidak menganggap kerugian adalah kekalahan, mereka menganggap itu sebagai pelajaran. Dalam dunia futures trading, keprofitan maupun kerugian adalah hal yang sudah lumrah untuk dialami, dan ciri trader profesional adalah menerima dua hal tersebut sebagai bagian dari proses perkembangan trading mereka.

Saat mengalami loss, seorang trader profesional akan mengevaluasi diri. Mereka mencatat apa yang salah pada transaksi mereka, tidak mengulanginya, dan memperbaikinya. Sama seperti atlet, trader juga harus berlatih hingga menemukan formula yang pas untuk trading. Trader sekelas George Soros, Warren Buffet, serta Gema Goeyardi pun bisa menjadi besar karena memiliki mental juara dan mau terus belajar.

Memiliki Sistem Trading Yang Jelas dan Konsisten

Futures trading cukup rentan dianggap sebagai perjudian karena adanya unsur spekulasi yang dilakukan ketika seorang trader membuka posisi. Maka dari itu, psikologi trader profesional selalu diatur untuk tidak terjerumus ke dalam emosi yang bisa membuat mereka cenderung berspekulasi. Mereka selalu bertindak dengan strategi yang matang dan terencana, dengan manajemen risiko yang sesuai batas toleransi. Untuk mendapatkan sistem trading dengan strategi dan manajemen risiko ideal, pastinya seorang trader futures profesional telah berkali-kali mengalami Trial & Error. Tidak ada yang bisa langsung menjadi seorang ahli saat pertama kali terjun ke dunia trading.

Meskipun pada awalnya terasa rumit, tetapi manfaat yang diberikan oleh sistem trading ini akan Anda nikmati sendiri pada akhirnya. Jadi, jangan malas untuk membuat sistem trading dan konsisten dengan sistem trading yang kalian ciptakan itu.

Mengetahui Kemampuan Diri Sendiri

Kehadiran leverage membuat aktivitas trading makin mudah untuk dilakukan, bahkan dengan modal yang sangat kecil. Meskipun leverage futures dapat memungkinkan Anda meraih profit yang besar dengan modal terjangkau, tapi juga dapat berbalik menyerang Anda saat harga bergerak melawan posisi trading. Oleh karena itu, salah satu ciri trader profesional yang paling fundamental adalah menghindari leverage besar. Mereka lebih suka menggunakan leverage yang seperlunya, karena sadar jika margin yang terlalu kecil dapat membuat mereka meremehkan penggunaan lot besar untuk mengejar profit.

Tidak Terlalu Mengejar Profit

Memang betul, trading bertujuan untuk mendapatkan profit. Tapi ada perbedaan yang jelas antara berusaha mendapatkan profit dengan terlalu mengejar profit. Salah satu ciri trader profesional adalah, mereka menghindari sifat serakah dan selalu disiplin dengan targetnya. Kesalahan umum para trader pemula yang menunjukkan sikap terlalu mengejar profit akan berujung pada Overtrading. Tindakan ini bisa berbentuk membuka 1 lot dengan Volume yang besar, atau membuka terlalu banyak posisi dengan lot kecil. Yang jelas, hal ini akan membawa kerugian karena mengganggu manajemen risiko dalam trading.

Tahu Kapan Waktunya Berhenti

Ada 3 momen ketika seorang trader perlu berhenti sejenak, yaitu saat kalah, setelah menang, dan saat "bad mood". Untuk mempertahankan kondisi psikologis yang prima, seimbangkanlah waktu trading dengan waktu istirahat Anda. Jika Anda terus-terusan melihat chart padahal sedang tidak memiliki rencana, besar kemungkinan Anda akan melakukan kesalahan trading.

Saat kalah, sudah jelas Anda butuh waktu untuk menenangkan emosi dan kondisi psikologis. Hal ini karena kebanyakan trader yang baru saja mengalami Loss, cenderung membuka posisi baru dan mengabaikan manajemen risiko, dengan harapan kerugian mereka cepat tertutupi. Padahal jika trading dengan maksud seperti itu, bukannya mendapat profit, bisa-bisa malah Margin Call yang terjadi.

Mengapa saat menang, Anda perlu rehat sejenak? Jawabannya simple, keserakahan adalah musuh besar manusia. Ketika Anda baru saja mendapatkan profit, maka Anda akan berada dalam suasana euforia yang bisa melambungkan rasa percaya diri untuk membuka posisi di luar rencana trading.

Membuka platform trading saat suntuk juga sudah tentu bukan hal yang disarankan. Kemungkinan salah membaca chart, keliru mengenali tren pasar, serta kesalahan-kesalahan trading lain tentu bukanlah hal yang Anda inginkan. Lebih baik, tenangkan diri Anda dan kembalilah menghadap layar chart ketika pikiran sudah jernih dan emosi trading telah tertata. Dengan demikian, Anda sudah selangkah lebih dekat untuk memiliki psikologi seorang trader profesional.

Tidak Mudah Menyerah

Karakteristik-karakteristik di atas tentu harus dilengkapi dengan sikap pantang menyerah, karena futures trading bukanlah jalan pintas untuk jadi miliarder, melainkan suatu proses yang memiliki berbagai rintangan dan ujian. Newbie trader seringkali mengeluh futures trading terasa sulit, karena mereka belum bisa mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

Trader profesional bisa meraih kesuksesan karena mereka memiliki ciri psikologi yang pantang menyerah, sehingga dapat menghadapi tantangan-tantangan dalam futures trading. Mereka mudah termotivasi untuk bangkit dari kegagalan, dan bisa menjadikan setiap ketidakberhasilan sebagai pelajaran berharga.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Terus belajar dan jangan menyerah, dapatkan FREE Edukasi di Live Trading School MRG Premiere, Open Accountnya disini!

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TEKNIK TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.

Buka akun Anda di MRG Premiere CALL atau whatsapp ke +62 838.96.96.96.39 cari INDRI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami