MENGENAL SISTEM TRANSAKSI DI BURSA EFEK INDONESIA

Written by Hana Florencia, April 01, 2022

Tahukah Anda jika perdagangan saham mempunyai sistem yang lebih baik seorang trader atau investor pelajari agar lebih mengetahui tentang transaksi secara jelas dalam perdaganganya. Nah, sistem perdagangan saham dikelola oleh Bursa Efek Indonesia dengan menganut sistem order-driven market atau pasar yang digerakkan oleh order-order dari pialang dengan sistem lelang secara terus-menerus. Pelaku pasar modal, yang akan melakukan transaksi harus menghubungi perusahaan pialang. Perusahaan pialang membeli dan menjual efek di lantai bursa atas perintah atau permintaan (order) investor. Akan tetapi, perusahaan pialang juga dapat melakukan jual beli efek atas nama perusahaan itu sendiri sebagai bagian dari investasi portofolio perusahaan tersebut. Setiap perusahaan pialang mempunyai orang yang akan memasukkan semua order yang diterima ke terminal masing-masing di lantai bursa dan Orang-orang yang bertindak untuk perusahaan pialang disebut Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE).

Sistem yang diterapkan Bursa Efek Indonesia bernama Jakarta Automated Trading System (JATS) sejak 22 Mei 1995, Jakarta Automated Trading System yang disingkat dengan JATS adalah sistem terkomputerisasi yang diterapkan di Bursa Efek Indonesia. Saat ini JATS menggantikan sistem manual yang digunakan sebelumnya dan sejak 2 Maret 2009 sistem JATS ini sendiri telah digantikan dengan sistem baru bernama JATS-NextG.

Dengan menggunakan Jakarta Automated Trading System (JATS), order-order tersebut diolah oleh komputer yang akan melakukan pencocokan dengan mempertimbangkan prioritas harga dan waktu. Dengan demikian, sistem perdagangan di Bursa adalah sistem lelang secara terbuka yang berlangsung terus-menerus selama jam bursa. Hingga sekarang, seluruh order dari perusahaan pialang memang harus dimasukkan ke dalam sistem melalui terminal yang ada di lantai bursa. Namun, saat sudah mulai menerapkan akses jarak jauh atau remote access untuk JATS sehingga seluruh perusahaan pialang bisa langsung melakukan perdagangan dari luar lantai bursa, bahkan dari luar Jakarta.

Bagaimana Selanjutnya Dalam Proses Transaksi?  Tentunya JATS NEXT-G akan memproses transaksi, dengan memperhatikan time dan price priority.

  • Prioritas Harga (Price Priority). Artinya, permintaan beli saham dengan harga yang lebih tinggi akan mendapatkan prioritas terlebih dahulu ketimbang permintaan beli terhadap saham yang sama namun dengan harga yang lebih rendah. Sedangkan, untuk sistem perdagangan saham jual, harga yang lebih rendah akan mendapatkan prioritas terlebih dahulu ketimbang yang memiliki harga tinggi.
     
  • Prioritas Waktu (Time Priority). Di samping price priority, di sistem perdagangan saham ini juga berlaku time priority–yaitu prioritas waktu. Artinya, kalau penawaran jual atau permintaan beli saham diajukan dalam harga yang sama, maka permintaan beli atau jual saham yang terlebih dulu diajukan akan mendapatkan prioritas. Proses transaksi saham di atas berlaku di pasar reguler dan pasar tunai. Sistem perdagangan saham di kedua pasar tersebut menggunakan satuan lot efek atau kelipatannya, yaitu 100 efek.

Penyelesaian Transaksi Bursa 

Penyelesaian Transaksi Bursa di Pasar Reguler dan Pasar Tunai antara Anggota Bursa jual dan Anggota Bursa beli dijamin oleh KPEI.

  • Transaksi Bursa Pasar Reguler wajib diselesaikan pada Hari Bursa ke-2 (T+2).
  • Transaksi Bursa Pasar Tunai wajib diselesaikan pada Hari Bursa yang sama (T+0).
  • Penyelesaian Transaksi Bursa yang dilakukannya di Pasar Reguler dan Pasar Tunai akan ditentukan oleh KPEI melalui proses Netting dan dilakukan melalui pemindahbukuan Efek dan atau dana ke rekening Efek Anggota Bursa yang berhak yang berada pada KSEI.
  • Dalam hal kewajiban Anggota Bursa untuk menyerahkan Efek tidak dilaksanakan sesuai dengan ketentuan maka Anggota Bursa tersebut wajib untuk menyelesaikan kewajibannya dengan uang pengganti (ACS= Alternate Cash Settlement) yang besarnya ditetapkan sebesar 125%. 

Tentunya masih banyak yang harus Anda pelajari, dan semuanya sudah kami rumuskan secara singkat untuk Anda di Astronacci yang tentunya dapat Anda akses secara gratis, kapanpun dan dimanapun. Jika masih ada beberapa pertanyaan yang ingin Anda sampaikan kepada kami dapat langsung menghubungi saya di tautan dibawah. Jangan lupa untuk terus melanjutkan pembelajaran Anda untuk kedepannya.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami