MENU BELAJAR UNTUK FALSE BREAK

Written by Karlina, March 26, 2021

False break adalah sinyal break (tertembusnya level Support atau Resistance) yang salah, atau disebut juga dengan sinyal break palsu. Kita membuka posisi Buy atau Sell saat harga telah menembus level Support atau Resistance. Namun, ternyata arah pergerakan harga berbalik dan tidak sesuai dengan prediksi kita sebelumnya, sehingga stop loss kita kena. Tentunya, kita tidak akan masuk jika sudah mengetahui sinyal break bakal terjadi. Meski demikian, kita tidak bisa menghindari false break saat sudah membuka posisi trading. Dalam seri tulisan ini, akan dibahas mengenai beberapa jenis false break yang sering terjadi dan bagaimana seharusnya kita mengantisipasinya sebelum terjebak.   

False break bisa terjadi kapan saja. Hal tersebut akibat dari respon trader terhadap kondisi pasar hingga membuka posisi Buy pada level harga tertinggi dan Sell pada level harga paling rendah. False break bisa dianggap sebagai ‘tipu muslihat’ pasar. Pasar menguji suatu level Support atau Resistance yang telah ditembus, sebelum akhirnya berbalik arah. Bisa juga, gerak harga pasar tidak berlanjut di luar level yang telah diuji, tetapi kembali ke area semula dan membiarkan keadaan itu sebagai sinyal palsu atau false break. Keadaan ini sering terjadi pada pasar normal, baik ketika pasar sedang ‘tenang’ ataupun saat terjadi rilis berita fundamental penting. Gambar di bawah adalah contoh keadaan false break pada level Resistance. Keadaan sebaliknya juga bisa terjadi pada level Support.

Poin-Poin Penting yang Perlu Dipahami

Berdasarkan karakteristik pola pergerakan harga pasar yang biasanya terjadi, break yang pertama kali biasanya bukan yang sebenarnya atau cenderung sebagai sinyal break palsu. Pasar biasanya menguji level tersebut sebelum benar-benar ditembus. Break yang terjadi berikutnya akan lebih besar validitasnya. Jika Anda ragu atau kurang yakin, tetapi tetap ingin masuk, maka sebaiknya trading dengan risiko kecil, yaitu menggunakan ukuran lot (position size) kecil. Berikut adalaha beberapa poin penting yang perlu trader pahami.

  • Range: apakah pasar bergerak dalam range trading yang jelas? Mungkin kondisi pasar benar sideway atau ranging, tetapi range trading-nya kurang jelas.
  • Jarak Order yang Aman: apakah order untuk membuka posisi sudah pada jarak yang cukup aman? Mungkin kita membuka posisi pada jarak yang terlalu dekat dengan batas range hingga berpotensi terjadi koreksi atau Retracement.
  • Indikator Teknikal: apakah indikator teknikal telah mengisyaratkan terjadinya Breakout yang valid? Misalnya, indikator ADX untuk mengetahui kekuatan tren atau garis moving average sebagai level Support Resistance dinamis yang telah ditembus.
  • Formasi Price Action: apakah pada level tersebut terbentuk setup price action yang mendukung terjadinya kondisi break. Perhatikan formasi candlestick yang terjadi pada pergerakan harga.

Melihat pada time frame yang lebih tinggi: apakah pada time frame yang lebih tinggi juga terjadi breakout? Jika ya, maka validitas breakout cukup besar. Jika pada time frame tinggi terjadi tren yang sebaliknya (Counter Trend), maka perlu dipertimbangkan lagi untuk membuka posisi. Yang perlu Anda hindari adalah menggeser Stop Loss ke level yang lebih besar dengan harapan harga akan kembali bergerak ke arah yang sesuai dengan prediksi Anda. Jika memang yang terjadi false break, Anda pasti akan loss. Hal tersebut adalah kebiasaan yang mesti dihindari dalam trading.

Agar tidak ‘kecolongan’ ketika Anda membuka posisi trading, pada bagian ini dibahas beberapa jenis false break, sekaligus cara untuk mengantisipasinya. Sebenarnya, banyak trader forex yang berpengalaman bisa cepat mengenali terjadinya false break. Trader memanfaatkannya guna meraup profit. Berikut beberapa jenis false break yang sering terjadi di pasar, sebagaimana diungkapkan oleh Niall Fuller dalam situs Learn To Trade The Market.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari LINA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami