MEMILIH SAHAM BERDASARKAN KINERJA PERDAGANGAN

Written by Hanna Dalimunthe, December 19, 2021

Sudah bukan rahasia lagi bahwa investasi menjadi salah satu cara yang difavoritkan banyak orang untuk memelihara harta dan mengelola uang yang dimilikinya. Mungkin termasuk Anda yang tertarik dengan investasi. Banyak jenis produk yang dapat dipilih untuk investasi. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Ada yang bilang kalau produk investasi paling aman dan juga menguntungkan adalah emas dan mata uang asing (forex), ada pula yang lebih menyukai investasi saham. Terutama bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia bisnis dan investasi, mungkin lebih suka dengan saham.

Nah, bagi yang tertarik akan melakukan investasi saham, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dulu mengenai jenis-jenis saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sehingga Anda tidak salah pilih saham dan tentu saja bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan. Saham-saham yang terdaftar di BEI memiliki banyak jenis. Dalam artikel kali ini, kami membahas jenis investasi saham berdasarkan kinerja perdagangan yang terbagi menjadi lima seperti berikut ini.

  • Income Stocks
    Kategori saham yang pertama dalam pembahasan ini adalah income stock. Saham yang masuk ke dalam jenis ini memiliki keunggulan dalam kemampuan membayar dividen lebih tinggi, jika dibandingkan dengan rata-rata dividen yang dibayarkan pada tahun sebelumnya. Selain itu, emiten yang tergabung dalam kategori ini juga memiliki kemampuan menciptakan pendapatan yang lebih tinggi dan stabil serta outlook finansial yang lebih solid. Karena beberapa kelebihan itu, saham-saham income stock menjadi salah satu emiten yang secara konsisten difavoritkan oleh para investor. Di Indonesia, jenis saham ini banyak ditemukan pada perusahaan "plat merah" yang sudah berdiri sejak lama. Hal tersebut dikarenakan saham dari BUMN juga memiliki kewajiban melakukan pembagian dividen kepada negara secara rutin. Namun, ada pula beberapa saham umum yang masuk dalam kategori yang dividennya mengalami peningkatan setiap tahun.
     
  • Blue Chip Stocks
    Investasi saham selanjutnya yang dapat dilihat dari segi kinerja perdagangan, yaitu blue chip. Jenis saham ini paling populer dan banyak diburu oleh investor karena perusahaan yang tergabung dalam kategori ini memiliki reputasi tinggi sebagai petinggi di industrinya. Hal tersebut dikarenakan adanya pendapatan yang stabil dan konsisten dalam pembayaran dividen ke pemegang saham. Perusahaan-perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar yang cukup besar (triliun) -alias tergolong sebagai saham-saham aktif- sehingga akan lebih sulit melakukan manipulasi harga. Blue chip juga masuk ke dalam jenis investasi saham yang mudah didapatkan karena beberapa di antaranya menawarkan dengan harga cukup terjangkau. Sehingga blue chip menjadi saham yang paling difavoritkan banyak orang.
     
  • Well-Known
    Serupa dengan blue chip, saham well-known memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi sebagai petinggi dalam sektor sejenis. Sehingga para petinggi tersebut terkenal bukan hanya saham yang dimiliki saja, melainkan sebagai perusahaan yang mempunyai reputasi yang bagus. Bagi mereka yang mengambil saham berjenis well-known, tentunya investasi yang dilakukan tidak akan main-main. Sebab itu, jenis saham yang satu ini memang agak jarang ditemukan di perusahaan kecil atau kurang terkenal.
     
  • Lesser-Known
    Jenis ke empat yang bisa Anda kenali adalah lesser-known. Emiten yang tergabung dalam kategori ini bukanlah petinggi dari industrinya, namun tetap memiliki ciri-ciri growth stock. Biasanya merupakan saham dari emiten daerah dan kurang populer sehingga kurang diminati oleh investor.
     
  • Speculative Stocks
    Jika Anda memilih berinvestasi dalam saham jenis speculative, maka Anda harus memperhatikan risiko tinggi yang dimilikinya. Tidak hanya berpotensi mengancam modal, namun juga memberikan pengaruh terhadap profil Anda sebagai investor di bursa saham. Mengapa? Karena saham-saham yang tergabung dalam jenis ini berpotensi menghasilkan laba yang cukup tinggi di masa mendatang. Namun, perolehan laba yang diraup oleh investor dapat dikatakan tidak konsisten, peluang kerugian juga besar.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami