MUDA MERDEKA FINANSIAL

Written by Ziadatul Khoiroh, March 10, 2023

Beberapa tahun terakhir ini banyak orang yang memiliki cita-cita yaitu merdeka finansial, Bahkan cita-cita ini banyak digaungkan oleh anak muda untuk menjadi merdeka secara finansial. Padahal ketika ditanya apa yang harus telah dilakukan untuk bisa merdeka financial, banyak orang yang tidak tahu jawabannya.

Itulah sebabnya tidak banyak orang yang kemudian bisa mencapai status yang disebut merdeka finansial tersebut. Padahal merdeka finansial itu adalah tujuan dan keinginan dari banyak orang. Memang sih yang namanya merdeka finansial pasti berhubungan dengan keuangan dan aset, itulah sebabnya penting untuk direncanakan dengan sebaik-baiknya. Untuk bisa mencapainya dibutuhkan persiapan dan strategi yang harus dilakukan.

1. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan
Berhasil pada usia muda tentu membanggakan tapi juga penuh godaan karena pengaruh gaya hidup dan circle pertemanan. Biasanya pengeluaran aktualisasi diri cenderung membengkak.

2. Utamakan Kebutuhan Hidup
Pentingnya mengutamakan kebutuhan hidup saat ini dan masa depan seperti sandang, pangan, dan papan karena biaya hidup cenderung tidak stabil bahkan naik seiring inflasi.

3. Alokasikan Pendapatan
Bisa menggunakan rumus 40-30-20-10, yaitu 40% pendapatan dianggarkan untuk keperluan sehari-hari, 20% cicilan produktif, 10% cicilan konsumtif, 20% aset rencana jangka panjang, serta 10% untuk keperluan sosial.

4. Investasi
Investasi adalah salah satu bagian terpenting dalam mencapai tujuan merdeka finansial. Investasi adalah salah satu cara untuk melipat gandakan asset dan kekayaan anda. Dengan berinvestasi asset anda bisa berkembang secara lebih maksimal. Akan tetapi berinvestasi juga mengandung risiko.

Lalu apa saja risiko investasi? Pertama risiko yang mungkin bisa kita hadapi adalah dana investasi kita tidak berkembang sama sekali, sehingga jumlah dana kita saat ini dibandingkan dengan di saat kita investasi di masa lalu nilai nominalnya tetap. Dalam hal ini kita hanya mengalami kerugian waktu.

Risiko selanjutnya bukan merupakan kerugian tapi risiko mendapatkan keuntungan alias dana kita berkembang berlipat ganda. Investasi sendiri banyak bentuknya, bisa secara langsung ataupun tidak langsung melalui produk-produk keuangan.

Investasi yang baik dan benar bila dilakukan dalam jangka panjang berpotensi akan memberikan hasil yang berlipat ganda. Itulah sebabnya penting untuk memulai berinvestasi sedini mungkin untuk bisa mencapai kemerdekaan finansial.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami