PAHAMI BEBERAPA FAKTOR INI SEBELUM TERJUN KE BURSA

Written by Hana Florencia, May 23, 2023

Satu hal yang perlu dipahami sungguh-sungguh adalah bahwa setiap kali Anda menginvestasikan dana dengan harapan mendapatkan return, baik itu saham maupun aset lain, maka akan selalu ada risikonya. Return merupakan "imbalan" Anda karena bersedia menanggung risiko. Secara teori, semakin tinggi risikonya, maka semakin besar return yang selayaknya Anda terima. Tetapi dalam menentukan preferensi risiko Anda, ada dua faktor yang perlu dipertimbangkan masak-masak:

  • Jangka Waktu



    Pertimbangkan berapa lama Anda ingin menanamkan investasi dalam saham tersebut. Anda boleh jadi memiliki dana nganggur sebesar 500,000 hari ini, tetapi bila Anda akan perlu menggunakannya untuk membayar sewa rumah bulan depan, maka sebaiknya jangan menginvestasikannya pada aset berisiko tinggi. Ketika Anda hanya punya waktu singkat, maka Anda kemungkinan akan terpaksa melepas saham dalam kondisi rugi itu cukup besar. Sementara itu, bila Anda berniat untuk berinvestasi dalam jangka panjang, maka Anda bisa berinvestasi pada saham dengan risiko yang lebih besar. Anda tidak akan dipaksa untuk melepas saham dalam kondisi rugi, dan memiliki kebebasan lebih besar untuk melepas saham dalam kondisi profit maksimal.
     
  • Jumlah Modal yang Ingin Ditanamkan



    Cukup jelas bahwa semakin banyak dana yang Anda miliki, maka semakin besar lah risiko yang bisa ditanggung. Tetapi, jangan buru-buru menjual rumah untuk investasi hanya karena itu saja. Persediaan dana yang dimaksud disini adalah dana yang Anda siap bila dana itu lenyap akibat rugi, bukan dana yang kelak akan Anda perlukan untuk membayar kuliah, sewa rumah, atau malah jatah makan bulan depan. Sehingga dengan begitu, Anda tidak akan dikejar-kejar waktu untuk buru-buru melikuidasi aset yang belum untung.

Disamping menyesuaikan preferensi risiko, pengelolaan risiko investasi saham juga bisa dilakukan dengan membangun portofolio. Portofolio merupakan kumpulan berbagai aset yang dikelola oleh seorang investor atau ditangani oleh seorang manajer keuangan untuk orang lain. Karena setiap jenis aset investasi memiliki ukuran risk/reward berbeda, maka dengan mengkombinasikan beragam aset dimungkinkan sebuah portofolio dengan potensi reward besar dan risiko terkendali.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadi, Ada banyak cara untuk mengelola risiko investasi saham, Yang terpenting bagi investor adalah memahami eksistensi faktor risiko dan mengetahui seberapa besar risiko yang ada dalam setiap transaksi yang dilakukan.
  • Pastikan anda Mengatahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan FLO silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami