PAHAMI PERBEDAAN MENDASAR DARI 2 HAL BERIKUT INI!

Written by Hanna Dalimunthe, August 02, 2022

Hallo investor,pada artikel kali ini saya mau sedikit sharing mengenai “apa bedanya Investasi dan Menabung”. Karena sampai saat ini, masih banyak orang yang bilang bahwa kedua hal tersebut sama saja, kan tujuannya sama-sama buat masa depan juga. Secara harfiah, menabung adalah kegiatan memisahkan sejumlah uang untuk disimpan dan uang tersebut masih bisa digunakan sewaktu-waktu jika diperlukan. Sedangkan investasi merupakan proses penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek, guna memperoleh keuntungan jangka panjang. Tetapi sebenarnya, ada beberapa perbedaan mendasar lainnya loh..
 
1. Tujuan

Tujuan menabung adalah menyimpan uang pada jangka waktu yang relatif pendek dan untuk kebutuhan yang sewaktu-waktu diperlukan atau sehari-hari. Biasanya, tabungan ini bersifat sangat likuid (mudah dijadikan cash) dan sebagian besar masyarakat menyimpan uangnya pada bank. Sedangkan investasi adalah menyimpan sejumlah uang untuk kebutuhan jangka panjang dan bukan merupakan uang yang digunakan untuk kebutuhan lainnya. seringkali orang yang melakukan investasi tidak akan menarik uangnya dalam jangka waktu singkat akan dan cenderung untuk menempatkan uang mereka pada instrumen yang tidak likuid.
 
2. Resiko dan Nilai Pengembalian (Return)

Di dunia investasi ada istilah high risk, high return , dimana semakin tinggi risiko pada suatu instrumen investasi akan berbanding lurus dengan tingkat pendapatannya (return). Sehingga, orang yang berinvestasi sudah mengetahui akan risiko-risiko yang mungkin timbul, serta indikasi return yang akan didapatkan. Sedangkan pada tabungan, nilai risiko cenderung sangat rendah karena biasanya tabungan ditempatkan pada instrumen yang nilai risikonya sangat kecil seperti di rekening transaksional. Tabungan konvensional pada produk perbankan juga telah dijamin keamanannya oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
 
3. Bentuk dan Jenis Produk

Dalam kegiatan menabung, umumnya yang digunakan adalah uang. yang dimana uang tersebut disimpan dalam bank atau koperasi yang terpercaya dan dalam bentuk tabungan maupun deposito. Sedangkan untuk investasi, memiliki bentuk atau jenis produk yang bervariasi.

  • Yang pertama, investasi dalam bentuk aset riil seperti logam mulia (emas) dan produk properti seperti tanah, rumah dll.
  • Selanjutnya, investasi dalam bentuk keuangan (finansial) melalui pasar modal bisa dalam bentuk saham, obligasi dan reksadana.

Nah sekarang kita semua udah tau dong bedanya antara investasi dan menabung, jadi untuk kawan-kawan driver semua ada baiknya kita memulai menabung sedikit penghasilan kita agar hasil tabungan yang kita miliki nanti dapat diinvestasikan. Semoga materi yang saya berikan bemanfaat bagi kawan-kawan semua. selalu semangat, pantang menyerah dan terus belajar. dan kita harus yakini bersama selama ada kemauan pasti ada jalan, sekian materi saya dan Terima Kasih telah membaca sampai habis.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami