PAKAI ANALISA FUNDAMENTAL UNTUK MEMBELI SAHAM

Written by Dewi Tiodor, March 24, 2021

Analisis ini menekankan kinerja suatu perusahaan. Kita akan melihat hal-hal yang menggerakkan harga saham, seperti kebijakan makro, mikro, laporan keuangan, potensi industri, dan tingkat persaingan usaha serta model bisnis perusahaan ke depannya.

Analisa fundamental membantah stigma yang mengatakan bahwa investasi saham sama halnya dengan berjudi, hoki, dan untung sementara. Sebab perlu dipahami, pergerakan saham tidak mengacu kepada keberuntungan yang tidak berdasar, tetapi didasari oleh kualitas kinerja perusahaan yang pergerakannya dapat diprediksi melalui analisa fundamental.

Dengan metode yang tepat, Anda bakal memperoleh hasil analisis yang lebih akurat. Berikut beberapa tips untuk menentukan saham secara Fundamental :

  1. Lakukan pendekatan top down

Dengan pendekatan ini, manajer investasi menganalisa kondisi makroekonomi dan kemudian berdasarkan analisanya tersebut ia kemudian memperkirakan sektor atau industri mana saja yang akan menghasilkan imbal hasil terbaik dalam kondisi makroekonomi tersebut.

  1. Tetapkan time frame

Jika kamu adalah trader tipe swing, yang berfokus pada grafik harian, kamu bisa gunakan rentang waktu secara mingguan sebagai patokan tren utama. Lalu untuk mencari sinyal jual dan beli kamu bisa tentukan tren dengan menggunakan grafik dengan rentang waktu 60 menit atau Hourly (1H).

  1. Konsistensi peningkatan laba perusahaan

Anda perlu menghindari pembelian saham yang mempunyai laba turun naik secara berulang-ulang. Perusahaan yang bagus bakal memiliki performa yang positif, dibuktikan dengan profit secara konsisten. Sebagai pelengkap, Anda juga perlu memastikan bahwa tingkat laba perusahaan selaras dengan jumlah penjualannya. 

  1. Sektor Industri

Kamu harus periksa mana sektor industri yang sedang berpeluang tumbuh dalam kondisi perekonomian sekarang. Cermati juga regulasi untuk melihat potensi pertumbuhan industri, apakah regulasi ini akan menghambat atau mendukung pertumbuhan sektor industri.

Dari beberapa indikator tersebut, secara umum kita dapat menentukan saham apa yang layak untuk dibeli dan dipertahankan secara jangka panjang. Meskipun masih ada banyak indikator dalam analisa fundamental yang belum sempat dibahas dalam artikel ini, tetapi empat indikator tersebut setidaknya telah memberikan gambaran penting mengenai kualitas saham suatu perusahaan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari TIODOR silahkan hubungi DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami