PASAR FOREX DENGAN BANK SENTRAL ADA HUBUNGAN? 

Written by Hadi Jumaidi, September 17, 2020

Apakah kalian tahu apa itu bank sentral? Jadi, bank sentral itu adalah bank yang mengatur agar keuangan di suatu negara tetap stabil, sehingga bank sentral itu sendiri adalah bagian dari pemerintahan. Kalau di Indonesia itu ada Bank Indonesia (BI), di Malaysia itu ada Bank Negara Malaysia, di Singapura itu ada Monetary Authority of Singapore. Di setiap negara, tentu memiliki bank sentralnya masing-masing yang bertugas sebagai penanggung jawab sistem keuangan negara. Nah kalau pada pasar berjangka atau futures market, apakah bank sentral memiliki peranan terhadap terjadinya volatilitas atau pergerakan harga? Yuk kita bahas langsung.

Sebenarnya, semua bank sentral itu memiliki peranan dalam menggerakan harga di pasar modal. Yang membuatnya berbeda itu hanya seberapa besar kekuatan bank sentral tersebut dalam menggerakan harga di pasar berjangka. Beberapa bank sentral yang paling berpengaruh dalam pergerakan harga di market pastinya adalah bank sentral yang dimana mata uangnya itu diperdagangkan di pasar berjangka. Berikut adalah beberapa bank sentral yang memiliki pengaruh paling besar terhadap pergerakan harga :

The Federal Reserve (The FED)

Bagi Traders Futures, kata "The Fed" tentu sudah sangat familiar di telinga kita. Hampir semua Traders tahu bahwa The Federal Reserve (The Fed) adalah bank sentral Amerika Serikat, yang sangat berperan penting dalam menentukan arah perekonomian AS dan juga mata uang USD.

Bank of England (BoE)

Salah satu bank sentral yang memiliki kuasa untuk mengatur mata uang utama yang sering menjadi fokus keuangan global adalah Bank of England (BoE). BoE adalah bank sentral Inggris yang berdiri sejak tahun 1694 dan merupakan bank sentral tertua di dunia. Stuktur dan mekanisme kerja dari BoE ini digunakan sebagai pedoman bagi sebagian besar bank sentral modern.
 
Bank of Japan (BoJ)

Bank of Japan (BoE) didirikan pada tahun 1882 adalah bank sentral yang berusia tertua kedua di dunia setelah Bank of England (BoE). Berkantor pusat di Tokyo, BoJ memonopoli pencetakan, pendistribusian dan pengawasan mata uang Yen. Pasca Perang Dunia II, untuk sementara waktu pihak sekutu yang memenangkan perang melakukan kebijakan ekonomi dengan mengeluarkan mata uang militer dan merestrukturisasi BoJ ke dalam bentuk yang lebih independen.

European Central Bank (ECB)

European Central Bank (ECB) adalah bank sentral yang mempunyai satu tugas, yaitu menjaga tingkat inflasi di UNI Eropa. Jika tingkat inflasi kawasan ternyata jauh lebih rendah atau jauh lebih tinggi dari angka yang diharapkan, maka ECB akan bertindak dengan mengambil kebijakan moneter tertentu agar tingkat inflasi di UNI Eropa tetap dalam ambang yang stabil.

Swiss National Bank (SNB)

Swiss National Bank (SNB) adalah bank sentral negara Swiss, SNB yang didirikan pada tahun 1907 bersifat independen dn berwenang dalam menetapkan kebijakan moneter agar dapat menjaga perekonomian Swiss agar bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, SNB juga melakukan pembayaran atas nama pemerintah Swiss, menyimpan, dan mengelola cadangan devisa pemerintah.

Bank of Canada (BoC)

Salah satu bank sentral dengan mata uang utama di pasar berjangka adalah Bank of Canada (BoC). BoC adalah bank sentral Canada yang berdiri sejak tahun 1934 dan berkantor pusat di Ottawa. Fokus BoC adalah menjaga tingkat inflasi tetap rendah, dan stabil.

Reserve Bank of Australia (RBA)

Reserve Bank of Australia (RBA), mulai beroperasi sebagai bank sentral Australia sejak 14 Januari 1960 menggantikan Commonwealth Bank sebagai bank sentral negara-negara persemakmuran di bawah pemerintah Inggris. RBA berkantor pusat di Sydney, dan memiliki peranan penting untuk mengatur tingkat suku bunga AUD (Australian Dollar) tetap stabil.

Reserve Bank of New Zealand (RBNZ)

Salah satu bank sentral negara mata uang utama yang perlu diketahui adalah Reserve Bank of New Zealand (RBNZ), yaitu bank sentral Selandia Baru. RBNZ berdiri sejak tahun 1934 dan berkantor pusat di Wellington. Bank sentral ini beroperasi sejak 1989, RBNZ sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah Selandia Baru.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.\
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI  silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami