PEMBAGIAN DIVIDEN SAHAM, CATAT YANG PERLU DIKETAHUI.

Written by Hanna Dalimunthe, May 11, 2020

Dalam dunia pasar modal, ada beragam aksi korporasi yang mempengaruhi harga sebuah saham, sebut saja: Dividen, Stock Split, Reverse Stock, Buy Back, Right Issue, Merger Akusisi, Tender dan Offer. Salah satu yang paling banyak dicari informasinya adalah dividen. Nah, biasanya yang dinanti-nanti oleh para investor yaitu, dari pembagian Dividen ini, karena investor akan menerima berupa saham atau cash yang di transfer ke RDN (Rekening Dana Investor). Jadi, sebelum investor mengetahui kapan saja sih, pembagian Dividen ini, setiap perusahaan masing-masing memiliki syarat dan ketentuannya, dan tidak semua perusahaan membagian Dividen, tergantung kebijakannya, sering kali saham-saham yang Bluechips sudah pasti rutin memberikan Dividen. Dividen saham merupakan profit dari perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Pembagian saham ini bisa dibagikan sekali dalam setahun (final) atau beberapa kali dalam setahun (interim). Bentuk dividen sangat beragam, bisa berupa tunai, saham bonus, bahkan properti.
Porsi dividen , Porsi dividen yang dibagikan dari laba tahunan (pay out ratio) ditentukan dalam RUPS. Perusahaan tidak membagikan semua laba sebagai dividen, sebab wajib menyisihkan laba sebagai cadangan dan modal kerja tambahan. Secara teori, pay out ratio dividen = (Laba setelah pajak + Penyusutan) - Investasi aktiva tetap - Penambahan modal kerja. Perusahaan biasanya mengumumkan jumlah dividen yang dibagikan kepada pemegang saham maupun dividen per saham (DPS).  Jika perusahaan tidak merinci dividen per saham (DPS), maka dapat dihitung dengan cara berikut:  DPS = Jumlah dividen yang dibagikan/Jumlah saham yang dimiliki seluruh investor.

Bagi trader dan investor dalam negeri, sangat penting untuk mengetahui jadwal pembagian dividen saham Indonesia. Nah, ivestor juga perlu catat ya, pada kapan saja diberikan tanggl-tanggal kursialnya. Berikut ini:

 


 

CATAT SETIAP TANGGAL INFORMASI PEMBAGIANNYA

  • Cum Date: Tanggal terakhir untuk memiliki saham untuk turut mendapatkan hak atas aksi korporasi yang dilakukan emiten
  • Ex Date: Tanggal dimana pembelian saham setelahnya tidak mendapatkan hak untuk aksi korporasi
  • Recording Date: Hari pencatatan kepemilikan saham dalam rekening efek (KSEI) T+3 dari cum date
  • Payment (Distribution Date): Hari memperoleh hak dari aksi korporasi.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadi melalui artikel ini Anda mengetahui kapan waktu yang harus diketahui pada saat pembagian Dividen.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari Hanna silahkan hubungi DISINI 

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami