PENTINGNYA SEBUAH TRADING PLAN

Written by Hadi Jumaidi, March 31, 2021

Dalam trading, pergerakan pasar yang tidak terarah seringkali membuat para trader bisa bingung dan bimbang untuk mengambil posisi. Apalagi, jika pengalaman dan kemampuan analisis yang dimiliki belum terlalu kuat. Sebuah rencana trading adalah "template" atau sebuah pola tertentu untuk menentukan urutan langkah-langkah dalam trading. Singkatnya, rencana trading adalah sebuah daftar urutan atau "check list" tentang apa saja yang mesti dilakukan sebelum kita masuk pasar. Selain itu, rencana trading  juga mencakup rencana jangka pendek dan jangka panjang, serta bagaimana cara realisasinya. Sebuah rencana trading tidak harus berisi kalimat-kalimat panjang dan mendetail, melainkan singkat, jelas, tegas, serta mencakup semua aspek dalam metode dan strategi trading kita.

Nah, Yuk Coba Pelajari 3 Alasan yang Sangat Penting tentang Membuat Trading Plan

  • Terhindari dari Kesalahan Fatal

    Mencoba untuk menggunakan uang anda dalam berinvestasi dengan berbagai instrument keuangan merupakan salah satu cara yang bisa membawa anda kepada keuntungan besar. Saat anda mulai bisa mengendalikan segala hal yang berkaitan dengan trading maka profit menjanjikan bisa didapatkan secara lebih mudah. Namun terkadang ada beberapa kesalahan fatal dalam trading yang dilakukan oleh para trader terutama pemula yang justru akan membuat usaha anda menjadi gagal dan memberikan kerugian cukup besar.

    Bisnis plan sangat penting dalam sebuah usaha. Seorang pebisnis tentu akan mengalami kerugian besar apabila tidak membuat bisnis plan di awal. Bisnis plan beragam jenisnya, namun yang terpenting harus memuat hal-hal seperti struktur organisasi, strategi bisnis, keunggulan dan kelemahan perusahaan, ciri khas produk dan lain sebagainya.
     
  • Meningkatkan Kualitas Trading

    Kualitas trading adalah akurasi posisi trading kita yang bakal direspon pasar. Hal ini sangat erat hubungannya dengan metode trading yang kita gunakan. Jika kebetulan menerapkan metode Price Action, maka kita hanya akan masuk pasar jika setup Price Action pada Daily Chart atau 4-Hour Chart telah sesuai dengan kondisi pasar (trending atau ranging/sideways), sehingga sinyal trading yang dihasilkan cukup akurat. Semua ini tercantum dalam rencana trading yang harus dijalankan dengan disiplin. Tentu saja, kualitas trading yang memadai bisa kita peroleh dari pengalaman trading baik dengan account demo maupun live yang kemudian kita rumuskan dengan singkat, padat dan tegas dalam rencana trading kita.
     
  • Mengenali Strategi Trading yang Sesuai

    Ada kalanya sebuah strategi trading yang sudah Anda rancang dengan seksama ternyata tidak membuahkan hasil yang Anda inginkan. Saat hal ini terjadi, Anda akan kesulitan untuk menemukan kesalahan dari strategi Anda jika Anda tidak mengikuti rencana trading yang dibuat. Sebaliknya, jika semuanya telah berjalan sesuai rencana, Anda dapat mempelajari seluruh bagian dari strategi trading Anda dan mencari tahu kelemahan dari strategi tersebut. Dengan cara itu, Anda akan mendapat banyak pengalaman serta pengetahuan baru yang membuat Anda semakin siap untuk menghadapi sesi trading berikutnya.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Jadi, diharapkan artikel ini dapat memberikan kemudahan anda dalam trading. Temukan informasi mengenai analisa fundamental dan teknikal yang lain yang mudah dan cocok untuk anda dalam segala kondisi market.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami